>Era digitalisasi telah menumbangkan gaya hidup masyarakat, salah satunya dalam mengakses call center BPJS. Jika dulu konsumen atau anggota BPJS harus mendatangi kantor cabang terdekat, kini tidak perlu datang langsung karena ada berbagai alternatif untuk mengakses layanan bantuan.
Apalagi di tengah pandemi saat ini, aktivitas di luar rumah dibatasi dan banyak kantor lebih memilih memberdayakan karyawannya dari rumah. Meminimalisir kegiatan operasional di kantor tentu akan berdampak pada pelayanan kepada konsumen. Oleh karena itu, banyak layanan dialihkan ke cara online.
Mungkin Anda memiliki pertanyaan apakah layanan telepon ini dapat membantu, terutama dalam mengakses layanan kesehatan terbaik. Padahal, keberadaan help center tersebut benar-benar memberikan banyak kemudahan bagi konsumen, terutama para peserta yang membayar iuran. Karena tidak perlu datang berkunjung ke kantor cabang.
Dengan adanya call center BPJS sebagai layanan bantuan terpusat, peserta dapat mengurus jaminan sosial tanpa khawatir tidak dilayani atau harus menghadapi antrean yang mengular. Layanan pusat bantuan BPJS dapat dihubungi melalui jalur: 1500-400 dan akses gratis setiap hari selama 24 jam.
Ada 4 fasilitas yang dapat diakses melalui pusat bantuan ini, yaitu pendaftaran, perubahan data, layanan informasi dan pengaduan, serta konsultasi kesehatan. Jika Anda memiliki masalah ini, maka Anda dapat langsung menghubungi nomor hotline untuk mendapatkan bantuan. Berikut penjelasan lebih rinci tentang layanan pusat bantuan.
Pendaftaran Anggota Baru BPJS Kesehatan
Untuk mendapatkan keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Biasanya, proses pendaftaran mengharuskan calon pendaftar atau perwakilan langsung mendatangi kantor penyelenggara dan mengikuti prosedur pendaftaran secara langsung. Namun, saat ini hal ini tidak memungkinkan sehingga harus dilakukan melalui help center.
Anda dapat menggunakan fasilitas pendaftaran melalui hotline yang tersedia kapan saja untuk mendaftar. Call center BPJS akan melayani proses pendaftaran sesuai prosedur yang dilakukan seperti di kantor langsung sehingga tidak perlu memberikan waktu jika memilih untuk mendaftar melalui pusat bantuan ini.
Beberapa hal yang dibutuhkan sebagai data proses pendaftaran adalah nomor kartu keluarga, nomor induk kependudukan (KTP), nomor telepon aktif, alamat email aktif, dan nomor rekening bank. Setelah memasukkan informasi melalui customer service, maka tentukan pilihan fasilitas kesehatan.
Dalam memilih fasilitas kesehatan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Karena setiap jenis fasilitas kesehatan akan memiliki kontribusi yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu mengecek berapa iuran untuk setiap fasilitas yang dibayarkan. Kemudian, lakukan pemeriksaan email untuk melihat nomor akun virtual saat pendaftaran berhasil.
Call center BPJS memberikan kesempatan untuk mendaftar baru bagi peserta dan tanggungannya. Misalnya, Anda memiliki tanggungan pada anak-anak dan istri atau suami. Bahkan dapat menambah orang tua, kerabat atau keluarga lain yang menjadi tanggungan.
Ubah Data Peserta Mandiri berbayar
Masalah lain yang sering memaksa pengguna kartu jaminan sosial kesehatan nasional untuk pergi ke cabang resmi untuk mengurusnya adalah ketika mereka ingin mengubah data dalam pernyataan keanggotaan mereka. Mengubah data peserta dapat dilakukan secara online, terutama ketika Anda menggunakan aplikasi seluler.
Jika Anda tidak dapat menggunakan aplikasi seluler, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menghubungi layanan bantuan. Peserta dapat mengubah data, seperti identitas anggota, fasilitas kesehatan, pemilihan kelas ruang perawatan, dan hal-hal terkait keanggotaan lainnya seperti perubahan alamat.
Penggunaan call center BPJS sebagai layanan bantuan mengubah data peserta, memiliki persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu kepesertaan harus dimiliki selama lebih dari 90 hari dalam satu jenis fasilitas kesehatan jika ingin memindahkan jenis fasilitas kesehatan atau mengubah data identitas peserta.
Anda juga dapat mengubah tingkat kelas perawatan dengan persyaratan bahwa hanya peserta yang membayar iuran yang memiliki kesempatan untuk perubahan. Selain klausul dalam persyaratan, peserta harus terdaftar setidaknya 1 tahun di kelas perlakuan yang sama. Pembayaran iuran harus dibayar tanpa tunggakan selama masa pendaftaran.
Periode perubahan data dari waktu permintaan Anda adalah 1 hingga 7 hari kerja. Anda dapat memeriksa perubahan dengan mengakses situs atau menggunakan aplikasi, Anda juga dapat menghubungi pusat bantuan untuk mendapatkan informasi terbaru dari perubahan data yang dilakukan.
Konsultasi Kesehatan untuk Semua Peserta
Pendaftaran dan perubahan data merupakan bagian dari birokrasi yang dapat diurus dengan call center BPJS. Namun, itu bukan satu-satunya fungsi pusat bantuan. Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan konsultasi kesehatan dengan bertanya langsung kepada dokter.
Layanan konsultasi ini memberikan kesempatan untuk menanyakan berbagai hal tentang kesehatan yang selama ini menjadi tanda tanya dalam diri Anda. Ada layanan dari dokter umum untuk membantu menjawab pertanyaan Anda, serta spesialis untuk pengobatan penyakit yang lebih spesifik.
Layanan ini juga tersedia 24 jam sehingga ketika mengalami kebingungan tentang kondisi kesehatan, anggota dapat langsung berkonsultasi melalui telepon tanpa pergi ke praktik dokter secara langsung. Layanan ini berlaku untuk seluruh anggota BPJS baik mandiri maupun non-mandiri.
Mengakses informasi dan konsultasi kesehatan melalui call center BPJS merupakan upaya untuk memberikan layanan konsultasi kesehatan gratis untuk memudahkan anggota agar dapat memperoleh pelayanan terbaik setiap saat. Apalagi di era digital saat ini, fitur kesehatan ini semakin penting dan sangat membantu masyarakat karena aksesnya yang cepat dan mudah.
Layanan informasi terpusat dan keluhan
Ada banyak fungsi help center yang memudahkan anggota, termasuk menyediakan layanan informasi. Jika Anda mengalami kebingungan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kepesertaan, seperti status kepesertaan, cara membayar iuran, hingga cara mengurus fasilitas kesehatan, maka sudah sepantasnya mengambil kebijakan menghubungi help center.
Apalagi jika Anda adalah anggota baru yang tidak mengerti bagaimana kepesertaan BPJS dan memiliki banyak pertanyaan. Keberadaan call center BPJS akan memberikan bantuan nyata dan penjelasan detail segala hal yang berkaitan dengan kepesertaan Anda. Pusat bantuan akan menjadi cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang akurat.
Tidak hanya memberikan informasi yang akurat, Anda juga bisa mengeluhkan masalah yang sedang dihadapi. Misalnya, keanggotaan yang tidak aktif meskipun telah terdaftar selama lebih dari satu minggu sehingga anggota tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan. Masalah ini tentu harus segera teratasi karena rasa sakit terjadi secara tak terduga.
Selain itu, masalah mengenai iuran yang tidak bisa menutupi semua biaya rumah sakit sehingga Anda tetap harus membayar. Hal ini sering terjadi karena kurangnya informasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan atau kurangnya pengetahuan anggota tentang fasilitas kesehatan di bagian klaim pembayaran.
Kompleksitas alur pelayanan BPJS Kesehatan terkadang juga menjadi kendala sehingga anggota sering bermasalah dengan birokrasi pelayanan atau pelayanan berjenjang di rumah sakit. Ketika masalah ini terjadi, Anda dapat menggunakan pusat bantuan untuk membuatnya lebih mudah untuk menangani masalah.
Saat mengalami kendala saat mengklaim BPJS Kesehatan, Anda tidak perlu panik apalagi sampai emosi ke rumah sakit sehingga menimbulkan masalah baru. Hal yang harus dilakukan adalah meminta bantuan melalui pusat bantuan dan kemudian menyelesaikan masalah. Tidak perlu pergi ke kantor cabang, karena call center dapat membantu.
Adanya layanan help center 1500 400 merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi anggota. layanan yang sistematis, cepat, andal, dan dapat dihubungi setiap saat memberikan angin segar bagi peserta. Mulai sekarang, jika anda membutuhkan informasi, akses birokrasi, dan konsultasi kesehatan, anda bisa menghubungi call center BPJS.