142 views

Kampung Bumi Baru Gandeng BNNK Way Kanan Sosialisasi dan edukasi bahaya penyalahgunaan Narkoba

Way Kanan – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Way Kanan Bekerjasama dengan Pemerintahan Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu dan Relawan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM)menggelar sosialisasi dan Edukasi tentang Bahaya penyalahgunaan Narkotika dan Obat terlarang (Narkoba).

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Kampung Bumi Baru, Jumat (05/03/2021) menghadirkan Kepala BNN Kabupaten Way Kanan  Dwi Nurmawaty, S.H beserta anggota BNNK Way Kanan sejumlah 15 orang.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Puskesmas Bumi Baru, perangkat Kampung, BPK, Bhabinkamtibmas,Babinsa, Tokoh Lintas Agama, komunitas-komunitas pemuda yang ada di Bumi Baru, Perguruan PSHT, Pagar Nusa, Kera Sakti, Silek Serumpun, Risma, dan Pengurus Karang Taruna Kampung.

Menurut Kakam Bumi Baru Abdullah Candra Kurniawan sasaran sosialiasi
sampai ke tingkat Bawah Rt tentang layanan rehabilitasi bagi Korban penyalahgunaan Narkoba.

Kepala BNN Way Kanan Way Kanan Dwi Nurmawaty, S.H mengungkapkan ada banyak dampak yang negatif  yang  akan terjadi jika kita mengkonsumsi narkoba.

“Biasanya orang-orang yang cenderung memakai narkoba itu, dirinya sering gelisah, dan emosinya sering tak bisa dikendalikan. Sehingga hal ini akan berdampak buruk bagi keberlanjutan hidupnya,”
Jelas Dwi Nurmawaty.

untuk mencegah agar orang-orang yang kita cintai terhindar dari penyalahgunaan narkoba, selain sosialisasi, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan.

“Kita bisa mencegah dengan cara sosialisasi seperti hari ini, bisa juga lewat tes urin, pasang spanduk baliho striker, serta memberi  pengertian dan perhatian kepada keluarga,” jelasnya.

Terkait perawatan atau rehabilitasi untuk para pecandu Narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) memiliki kewenangan dalam menjalankan layanan terapi dan rehabilitasi bagi korban penyalahguna Narkoba.

Dalam melayani korban penyalahguna Narkoba, BNN secara serius berupaya untuk memberikan layanan perawatan dengan metode yang terintegrasi, seperti rehabilitasi medis yang meliputi detoksifikasi, intoksifikasi, dan rawat jalan.

” Pelayanan rehabilitasi di BNN semuanya gratis, kecuali untuk kebutuhan pribadi yang harus ditanggung oleh keluarga residen, antara lain :· Biaya kesehatan residen yang tidak tersedia/dirujuk· Perlengkapan sandang· Perlengkapan mandi· Makanan kecil tambahan selama mengikuti terapi dan rehabilitasi.” Ujar Kepala BNN Way kanan.(FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *