121 views

DPRD Paripurna mendengarkan pidato Politik Pertama Bupati Way Kanan Periode 2021-2024

Way Kanan-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Way Kanan menggelar Sidang Paripurna DPRD Dalam Rangka Penyambutan Bupati Dan Wakil Bupati Way Kanan Periode 2021-2024, Di Ruang Sidang Paripurna DPRD Way Kanan, Senin (01/03/2021).

Hadir dalam Peripurna Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan;, Wakil Bupati Way Kanan;
Anggota Forkopimda Kabupaten Way Kanan,Kepala Instansi Vertikal se-Kabupaten Way Kanana, Sekda, Staf Ahli, Para Asisten, Inspektur, Sekretaris Dewan, Kepala Badan, Dinas, Bagian, para Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan,

Dalam.Pidato politik pertama sebagai Bupati, Raden Adipati Surya mengatakan paripurna istmewa ini menjadi starting point bagi dirinya dan Wakil Bupati untuk memulai tugas melaksanakan pemerintahan 2021-2024.

“saya selaku Bupati Kabupaten Way Kanan bersama Wakil Bupati akan menyampaikan beberapa kondisi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan kita hadapi dalam pembangunan kedepan, dalam rangka mewujudkan visi misi.” Kata Raden Adipati Surya.

Program utama kedepan menurut Bupati tetap akan mengacu kepada RPJMD yang saat ini sedang disusun.

Dalam penyusunan RPJMD tersebut tentu akan mempertimbangkan beberapa kondisi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan kita hadapi dalam pembangunan kedepan.
Oleh karena itu meskipun saat ini kita mengalami tekanan berat akibat covid 19, tetapi dengan keunggulan-keunggulan yang ada kita masih miliki harapan besar menjadi daerah yang maju yang unggul. Dan untuk melaksanakan pembangunan 5 tahun kedepan kita telah menetapkan Visi “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”.

Dalam Visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera terkandung makna bahwa Pemerintahan kedepan bertekad membawa Kabupaten Way Kanan menempati posisi yang baik diantara pemerintah kabupaten lain, baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan ekonomi maupun sumber daya manusianya, dan setiap warga masyarakat dapat menikmati hasil-hasil pembangunan secara berkelanjutan.

Program yang dijalankan pemerintah daerah memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat. Dimana kebutuhan fisik, psichis dan sosial masyarakat semakin terpenuhi.

“Dari penjelasan diatas,Terkait program ke depan, Bupati Way Kanan Terpilih periode 2021-2024 masih tetap akan memprioritaskan program utama pemerintah, yakni bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.” Kata Dia.

Dia juga mengatakan telah memasang target perbaikan infrastruktur jalan yang dituangkannya dalam Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) sepanjang 556 kilometer.

Namun, Adipati juga akan memprioritaskan bidang lainya. Seperti pemulihan ekonomi. “Ini sangat penting dilakukan, apalagi ditengah pandemi saat ini. Banyak ekonomi yang lumpuh dan ini harus segera kita atasi bersama,” ungkapnya

Untuk memulihkan ekonomi tersebut, dirinya akan menggerakkan UMKM di Way Kanan. “Kenapa UMKM? karena kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, dan belum tentu dalam waktu satu atau dua tahun pasca pandemi ekonomi bisa pulih. Dan menurut saya, untuk memulihkan ekonomi ini adalah harus menggerakkan UMKM,” kata dia.

Untuk menggerakkan UMKM tersebut, dirinya mengatakan Pemda akan memberikan bimbingan, pelatihan, dan pemodalan bagi pelaku UMKM. “Ini yang akan kita lakukan nantinya selama kurang lebih 3 tahun di periode kedua saya nantinya,” tuturnya.(Fikri)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *