144 views

Ibu Riana Sari Arinal Lantik 7 Ketua dan Wakil Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten/Kota

BANDARLAMPUNG —- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal melantik tujuh Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupaten/Kota di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jumat (26/2/2021).

Mereka adalah istri dari Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota periode 2021-2026 yang sebelumnya telah dilantik oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Untuk Kota Bandar Lampung, dipimpin oleh istri Wakil Walikota Bandar Lampung.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh ibu-ibu yang baru dilantik, semoga dapat mengemban amanah dengan baik,” ujar Ibu Riana.

Ibu Riana mengatakan Tim Penggerak PKK maupun Dekranasda, keduanya memiliki tujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, baik melalui pemberdayaan keluarga maupun pembinaan Usaha Kerajinan Masyarakat.

“Saya minta dapat menjadi perhatian Ibu Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda yaitu pahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat serta ciptakan inovasi dan terobosan program,” katanya.

Ibu Riana menyebutkan peran Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda menjadi sangat penting untuk menggerakkan seluruh sumber daya serta menjalin kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan.

Menurutnya, saat ini masyarakat menunggu aksi nyata yang dapat dirasakan manfaatnya.

Seperti, dimasa pandemi ini, untuk memprioritaskan upaya pemulihan dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid-19.

“Ini merupakan tantangan yang kita hadapi saat ini, tentu tidak mudah, tetapi dengan sinergi, semangat dan kerja keras kita bersama, kita akan bisa mengatasi ini semua,” ujarnya.

Kemudian, terhadap penanganan stunting untuk melakukan program pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi berbasis desa dengan mengoptimalkan fungsi Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Dasawisma serta sinergi antar OPD dapat dilakukan.

“Selain itu pelaksanaan Posyandu, ketahanan keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini, serta Bina Keluarga Balita agar menjadi prioritas khusus,” katanya.

Selanjutnya, terhadap penanggulangan kemiskinan dengan memprioritaskan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) serta pembinaan kepada Usaha Kerajinan Masyarakat.

“Ini menjadi satu hal yang harus dilakukan secara terintegrasi oleh Tim Penggerak PKK, Dekranasda dan Pemerintah Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Sebagai mitra strategis pemerintah, Ibu Riana mendorong untuk melakukan sinergi dengan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Saya meminta dukungan Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota selaku Pembina Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupatan/Kota untuk memberikan arahan dan dukungannya,” katanya.

Ibu Riana mengajak untuk melangkah bersama, saling mengisi, bersinergi dan menjalin hubungan koordinasi yang harmonis.

“Sehingga Visi dan Misi Gubernur Lampung untuk menciptakan Masyarakat Lampung Berjaya dapat terwujud,” pungkasnya.

Seperti diketahui ketujuh Kabupaten/Kota tersebut yakni Kota Metro, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Lampung Tengah.

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Ririn Kuswantari.(rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *