267 views

Visi Mensejahterakan Petani, DTPH Lambar Siapkan Tiga Program Prioritas

Lampung Barat, Koran Editoronline.co.id – Dalam rangka mensejahterakan petani, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) siapkan sedikitnya tiga program prioritas pada tahun 2021 mendatang.

Ketiga program tersebut merupakan wujud DTPH Lambar untuk mendukung tujuh program Bupati yang salah satunya yaitu mensejahterakan petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lambar, Yedi Ruhyadi kepada Editor mengatakan, dengan adanya ketiga program prioritas yang disiapkan, maka pihaknya yakin peningkatan kesejahteraan petani di Lambar dapat ditingkatkan.

“Program prioritas tersebut yakni peningkatan produksi tanaman pangan dan holtikultura, lalu memberikan pelayanan terhadap petani, kemudian melaksanakan pembinaan terhadap petani melalui kelompok tani,” ujar Yedi, Rabu (30/9/2020).

“Seperti Peningkatan Produksi nantinya adanya bantuan benih padi dari pusat, sedangkan dari kita (Dinas) penyediaan obat sebagai pengendalian hama tanaman, yang nantinya akan diberikan secara gratis,” lanjutnya.

Yedi juga menambahkan, Pelayanan dan Pembinaan terhadap petani yaitu program penyuluhan melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang nantinya akan mengadakan kegiatan penyuluhan terhadap petani di 15 Kecamatan yang ada di Lampung Barat.

Namun walau begitu, dalam pelaksanaan program beberapa kriteria harus dilalui seperti harus memiliki kelompok tani.

“Tentu harus dengan beberapa syarat atau kriteria yang sudah ditentukan, karena dana atau bantuan yang kita berikan terbatas. Seperti sudah memiliki kelompok, dan kelompoknya sudah masuk dalam sistem penyuluhan pertanian (simluhtan), serta memiliki lahan irigasi,” ungkap Yedi.

Yedi berharap, dengan adanya program-program tersebut akan meningkatkan kesejahteraan para petani sesuai dengan salah satu ke tujuh program Pemkab Lambar, yakni peningkatan kesejahteraan petani.

“Kita berharap program yang disiapkan akan berdampak pada kesejahteraan para petani. Sehingga roda perekonomian di Lampung Barat dapat meningkat khususnya di sektor pertanian,” tukasnya singkat. (Ade Irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *