185 views

Sosialisasikan Empat Pilar Di Tuba, Hanan A Rozak Libatkan Tokoh Adat Megow Pak Dan Tokoh Agama

EDITORONLINE.CO.ID, TULANGBAWANG – Anggota DPR RI Hanan A Rozak mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI di Pondok Baitul Qur’an, Menggala, Tulangbawang, Kamis 24/09/2020.

Hanan A Rozak mengawali materi sosialisasi tentang tantangan kebangsaan secara  eksternal dan internal yang  Indonesia saat ini dan dimasa depan. Tantangan kebangsaan secara internal terkait  adanya pemahaman agama yang sempit dan keliru, fanatisme kedaerahan, kurangnya pemahaman dan penghargaan atas keberagaman dan kemajemukan, penegakan hukum dan kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian tokoh bangsa.

Secara eksternal, pengaruh globalisasi dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam dan kuatnya intesintas intervensi kekuatan global.

“Tantangan kebangsaan Indonesia secara internal maupun eksternal yang saat ini  dihadapi, akan mampu diatasi dengan memperkuat empat pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Selanjutnya, mantan bupati Tulangbawang ini menjelaskan masing-masing pilar MPR RI, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Penjelasan empat pilar MPR dihadiri oleh tokoh agama dari berbagai pondok pesantren dan tokoh adat dari perwakilan masing-masing marga yang tergabung dalam Lembaga Adat Megou Pak Tulangbawang.

“Saya berharap melalui kerjasama dengan semua pihak terutama tokoh agama dan tokoh adat dalam mensosialisasikan empat pilar MPR ini, apa yang sudah dibangun  dan dicita-citakan oleh para pendahulu serta  pendiri Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini, dapat kita pertahankan dan lestarikan,” lanjutnya.

Dalam sesi dialog banyak masukan dan informasi dari para tokoh yang hadir, diantaranya usulan agar kegiatan sosialisasi empat pilar MPR ini dapat diperluas dengan kegiatan lainnya.

“Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR ini sangat penting untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Kami harapkan ada bentuk sosialisasi lainnya melalui media, seminar, mata pelajaran sekolah dan pembagian buku kepada warga masyarakat,” kata Ketua MUI Tulangbawang, Haji Yantori.

Diakhir sosialisasi, Hanan Razak mengajak semua pihak untuk menanamkan dan mempedomani Pancasila sebagai perilaku kehidupan sehari-hari. Peran tokoh agama dan tokoh adat sebagai panutan  di masyarakat akan memperkuat pemahaman dan penanaman nilai-nilai empat pilar MPR ini. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *