25 views

SATU PASLON TMS

Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) delapan kabupaten/kota di Lampung akan menetapkan pasangan calon (Paslon) pada 23 September 2020.

Dari 23 pasang calon kepala daerah (paslonkada) yang telah mendaftar di KPU, berhembus kabar satu paslon dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berkas administrasinya.

Sumber Koran Editor di KPU Provinsi Lampung membenarkan adanya kemungkinan satu paslon yang TMS. Namun, sumber ini enggan menyebutkan siapa calon yang dimaksud.

“Ya ada satu paslon dari 23 paslon yang mendaftar ke KPU ini tidak lolos berkas administrasinya,” ujar sumber yang enggan disebutkan namanya ini, kemarin.

Penlusuran Koran Editor, pilkada 8 kabupaten/kota di Lampung dipastikan akan menjadi ajang pertarungan bagi 23 pasang bakal calon kepala daerah (bapaslonkada).

Pilkada Pesawaran dipastikan menjadi pertarungan head to head antara pasangan Dendi Ramadhona – Kol (Purn) Marzuki dengan M. Nasir – Naldi Rinara. Berstatus sebagai petahana, pasangan Dendi-Marzuki diusung 7 parpol, yakni PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, Gerindra, PKB, PPP, dan Hanura. Sedangkan pasangan Nasir-Naldi yang berstatus penantang hanya diusung 2 parpol, yakni PAN dan Nasdem.

Di Waykanan juga terjadi head to head antara Adipati – Ali Rahman dengan Juprius – Rina. Adipati-Ali Rahman diusung tujuh parpol, yakni Partai Demokrat, Golkar, PAN, PKB, NasDem, PKS, Hanura. Sedangkan lawannya, Juprius-Rina diusung PDIP dan Gerindra.

Kemudian di Metro menjadi pilkada teramai dengan diikuti empat bapaslonkada. Pertama pasangan Ahmad Mufti Salim – Saleh Candra yang diusung PKS dan Nasdem. Kedua pasangan Anna Morinda – Ahmad Fritz yang diusung dan didukung PDI Perjuangan, Demokrat, dan Gerindra.

Lalu ketiga, pasangan Ampian Bustami – Rudi Santoso yang diusung Partai Golkar, PAN, dan PKB. Terakhir pasangan jalur independen dr. Wahdi Sirajuddin dan Drs. Qomaru Zaman.

Selanjutnya untuk pilkada Lampung Tengah, Lampung Timur, Lmapung Selatan, Pesisir Barat, dan Bandarlampung dipastikan menjadi pertarungan tiga bapaslonkada.

Di Lampung Tengah, petahana Loekman Djoyosoemarto yang berpasangan dengan M. Ilyas Hayani Muda akan mendapat perlawanan dari pasangan Musa Ahmad – Ardito Wijaya dan Nessy Kalvia Mustafa – Imam Suhadi. Pasangan Loekman-Ilyas sendiri diiusung PDI Perjuangan dan Gerindra. Sedangkan pasangan Musa-Dito diusung Golkar, PAN, Demokrat, dan PKB. Sedangkan pasangan Nessy-Imam diusung PKS, Perindo, dan Nasdem.

Di Lampung Timur, petahana Zaiful Bokhari yang menggandeng kader Golkar Sudibyo akan bertarung dengan dua pasangan lainnya. Yakni pasangan Yusran Amirullah – Beni Kisworo yang diusung Nasdem dan Demokrat, serta pasangan Dawam Rahardjo – Azwar Hadi diusung PAN, Golkar dan PKB. Sementara pasangan Zaiful-Sudibyo sendiri diusung PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS.

Di Lampung Selatan juga menjadi ajang pertarungan tiga bapaslonkada. Pertama pasangan Nanang Ermanto – Pandu Kesuma Dewangsa yang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, Perindo, dan PPP. Kedua pasangan Tony Eka Candra – Antoni Imam yang diusung Golkar, Demokrat, dan PKS. Terakhir pasangan Hipni – Melin Haryani Wijaya yang diusung PAN, PKB, dan Gerindra.

Di Pesisir Barat juga menjadi pertarungan tiga bapaslonkada. Pertama pasangan Agus Istiqlal – Zulqoini Syarif yang diusung Nasdem dan PAN. Kedua pasangan Pieter – Fahrurrazi yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, dan PKS. Ketiga pasangan Aria Lukita – Erlina yang diusung Demokrat dan PKB.

Di Bandarlampung juga berpeluang diikuti tiga bapaslonkada. Pertama pasangan Eva Dwiana – Dedi Amrullah yang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, dan Gerindra. Kedua pasangan Yusuf Kohar – Tulus Purnomo yang berpeluang diusung Demokrat, PAN, PKB, Perindo, dan PPP. Ketiga Rycko Menoza-Johan Sulaiman yang Diusung Golkar dan PKS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *