50 views

Darwin Hifni Ingatkan Rembug Desa Penting dalam Pencegahan Konflik

KOTABUMI – Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Darwin Hifni mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kerukunan. Terlebih lagi belakangan ini marak terjadi konflik baik yang berskala kecil maupun potensi konflik besar.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan sosialiasisasi peraturan daerah (sosper) di Dusun Wonogiri II Kelurahan Kelapa Tujuh Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara, Sabtu (19/9). Dalam agenda yang rutin digelar DPRD Provinsi Lampung setiap bulannya tersebut, Darwin menyampaikan Perda Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pedoman Rembug Desa dan Kelurahan dalam Pencegahan Konflik di Provinsi Lampung.

”Rembug desa adalah solusi dalam deteksi dini sekaligus pencegahan konflik di sekitar masyarakat kita. Tidak semua konflik mesti berakhir pada proses hukum. Nah, Perda ini hadir sebagai solusi yang menjadi acuan untuk menyelesaikan konflik,” jelas ketua DPD PAN Kabupaten Lampung Utara ini.

Menurutnya, seluruh elemen masyarakat harus berperan aktif dalam pelaksanaan rembug desa. Ia juga menjelaskan rembug desa bukan hanya sebagai solusi penyelesaian konflik, tetapi juga mencari jalan keluar dari setiap persoalan yang timbul di lingkungan masyarakat.

”Misalnya saat wabah Covid-19 ini, rembug desa menjadi solusi untuk mencari langkah prefentif guna mencegah pennyebaran virus,” paparnya.

Sosialiasasi ini juga menghadirkan Dekan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Kotabumi (FHIS Umko) Suwardi dan Lurah Kelapa Tujuh Suahmad sebagai pembicara. Selain itu, turut hadir Ketua Komisi II DPRD Lampung Utara Mulyadi. Di akhir kegiatan Darwin Hifni menyerahkan paket sembako kepada seratus kepala keluarga di lingkungan Dusun Wonogiri II. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *