140 views

Belanja Daerah APBD Perubahan Tahun 2020 Lampung Barat mengalami Penurunan 10,16 Persen

Lampung Barat, Koran Editoronline.co.id – Belanja daerah APBD perubahan tahun 2020 Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menurun sebesar 10,16 persen dari sebelumnya sebesar 1,14 triliun rupiah.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan, dengan adanya perubahan Pendapatan Daerah, maka postur anggaran Belanja Daerah dalam Rancangan Perubahan APBD Tahun 2020 Kabupaten Lampung Barat mengalami perubahan.

“Dimana sebelum perubahan jumlah Belanja Daerah telah ditetapkan sebesar 1,14 triliun rupiah lebih terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar 603,95 milyar rupiah lebih dan Belanja Langsung sebesar 543,49 milyar rupiah lebih,” ujar Parosil saat menyampaikan Nota Pengantar Ranperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten Lampung Barat Tahun Anggaran 2020, di Ruang Maghgasana DPRD setempat, Senin (14/9/2020).

“Belanja Daerah tersebut mengalami perubahan pada Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Lampung Barat Tahun 2020 menjadi sebesar 1,03 triliun rupiah
lebih atau berkurang sebesar 10,16 persen, terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar 621,41 milyar rupiah lebih dan Belanja Langsung sebesar 409,44 milyar rupiah lebih,” ungkapnya.

Perubahan Belanja Tidak Langsung tersebut antara lain disebabkan oleh penambahan pada Pos Belanja Pegawai dan Pos Belanja Tidak Terduga. Serta pengurangan pada Pos Belanja Hibah, Belanja Bagi Hasil Kepada Provinsi/Kabupaten/Kota dan Pemerintahan Desa, serta Belanja Bantuan Keuangan Kepada Provinsi/Kabupaten/Kota, Pemerintahan Desa dan Partai Politik.

“Sedangkan perubahan pada Belanja Langsung disebabkan antara lain karena adanya usulan kegiatan baru, usulan penghapusan kegiatan, usulan penambahan pagu kegiatan dan pengurangan pagu kegiatan,” jelas dia.

APBD Perubahan tahun 2020 berpedoman pada Penanganan Covid-19, serta Pengamanan Daya Beli Masyarakat dan Perekonomian Nasional. Merujuk pada pedoman tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyiapkan lima prioritas pembangunan pada perubahan KUA tahun 2020.

Prioritas pembangunan Kabupaten Lampung Barat pada perubahan KUA tahun 2020 yaitu, pertama meningkatkan infrastruktur dan konektifitas antar wilayah yang berwawasan lingkungan serta tangguh bencana. Prioritas kedua yaitu meningkatkan kualitas layanan dasar untuk pembangunan sumberdaya manusia serta pencegahan penyebaran dan penanganan dampak Covid-19.

Ketiga, mengurangi kemiskinan melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat. Keempat peningkatan nilai budaya dan minat baca masyarakat. Terakhir, peningkatan kualitas aparatur yang profesional, tata kelola pemerintahan yang baik dan stabilitas kamtibmas. (Ade Irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *