96 views

Bawaslu Didesak Panggil Herman HN

BANDARLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung didesak untuk segera memanggil Walikota Bandarlampung Herman HN.

Herman diduga mengiringi pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah kota setempat, pasangan Eva Dwiana-Dedi Amrullah.

Desakan itu disampaikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Peduli Lampung (GPL) melalui surat bernomor: 083/B.I/GPL/LPG/VI/2020.

“Kami menerima informasi Walikota Bandarlampung ikut serta mengiringi pendaftaran salah satu pasangan calon yang merupakan istri dari Walikota Bandarlampung (Eva Dwiana, red),” kata Ketua LSM GPL Ica Novita dalam surat tersebut.

Agar persoalan itu tidak berlarut-larut, mereka pun mendesak Bawaslu Lampung segera memanggil Herman HN untuk menegur Walikota Bandarlampung itu.

“Kami meminta Bawaslu Lampung dapat menindak tegas, memanggil dan memngingatkan walikota,” tegasnya.

Dengan pemanggilan tersebut, mereka berharap kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Berdasarkan ketentuan – ketentuan (walikota, red) tidak boleh menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon pada Pilkada tahun 2020,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengaku pihaknya telah menerima surat dari yang bersangkutan untuk memanggil Walikota Herman HN.

Kendati demikian, pihaknya meminta kepada yang bersangkutan untuk membuat laporan resmi ke Bawaslu Kota Bandarlampung. “Silahkan buat laporan resmi ke Bawaslu kota dengan menyertakan bukti-bukti terkait,” ujarnya, kemarin.

Dijelaskannya, sudah ada surat ke Bawaslu provinsi tetapi tidak menyertakan bukti. “Jadi tadi kami minta kepda sekretariat untuk konfirmasi hasil pengawasan apakah ada temuan dugaan pelanggaran dimaksud. (cah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *