36 views

Bawaslu Bandarlampung Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Bandarlampung – Bawaslu Kota Bandarlampung menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan walikota dan wakil walikota setempat di Hotel Emersia Bandarlampung, Selasa (22/9). Kegiatan diikuti oleh sejumlah media, OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda), dan peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Kota Bandarlampung.

Ketua Bawaslu Bandar Lampung, Candrawansah mengatakan bentuk pengawasan partisipatif itu adalah pengawasan yang melibatkan semua elemen masyarakat. Baik mahasiswa, tokoh pemuda dan juga seluruh masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan di setiap tahapan yang ada di 20 kecamatan dan 126 kelurahan di Bandar Lampung.

“Apabila masyarakat turut serta, saya rasa tujuan demokrasi dapat berjalan dengan baik. Setidaknya ada upaya dari masyarakat yang terlibat langsung,” ungkapnya.

Dikatakannya, banyak tahapan yang bisa melibatkan masyarakat, seperti saat ini masuk dalam tahapan pengumuman Daftar pemilih Sementara (DPS).

“Disini masyarakat bisa melihat langsung apakah sudah masuk dalam daftar atau belum,” kata dia.

Kemudian ditahapan kampanye, masyarakat bisa menginformasikan kepada pengawas apabila menemukan yang tidak sesuai.

“Kemudian di tahapan penghitungan suara, masyarakat bisa ikut serta meviralkan C1 Plano, agar nanti apabila ada orang yang mencoba memainkan C1 plano tersebut akan sulit, karena C1 Plano sudah tersebar,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan itu, lebih lanjut, dia mengajak seluruh elemen masyarakat dapat memaksimalkan pengawasan partisipatif dengan menggunakan medsos. Seperti Facebook, Instagram, Twiter dan lain sebagainya untuk melakukan pengawasan partisipatif.

“Jadi Inilah yang kami terus sampaikan disetiap kesempatan rakor dan sosialisasi, dan terus menghimbau kepada masyarakat untuk terlibat agar proses demokrasi di kota Bandar Lampung berlangsung sesuai dengan tujuan,” tukasnya. (cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *