50 views

Wakil Bupati Way Kanan dan 2 Pejabat Pemkab Positif Covid-19

// Sejumlah Kantor Pemda Way Kanan Langsung Ditutup 4 Hari //

Way Kanan – Wakil Bupati Way Kanan, Edward Antony dan dua pejabat di kabupaten tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Kepastian status Covid-19 itu disampaikan Sekretaris Daerah Way Kanan, Saipul melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Pasca dinyatakan positif Covid-19, Pemda Way Kanan bergerak cepat dan akan menutup kantor Pemda selama empat hari mulai dari Senin (10/8) hingga Kamis (13/8).

“Bahwa sesuai hasil pemeriksaan laboratorium atas swab/PCR tanggal 8 agustus 2020 bahwa bapak wakil bupati (Edward Antony) dinyatakan positif Covid-19,” kata Saipul.

Selain wakil bupati, Saipul juga mengungkapkan dua pejabat di Kabupaten Way Kanan yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut adalah Asisten II, Kussarwono dan Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kusuma Anakori.

“Dari hasil tracing pada 9 Agustus 2020, keduanya diduga kontak erat dengan Bapak Wakil Bupati,” kata Saipul.

Saipul menambahkan, dengan terjangkitnya tiga orang pejabat itu maka sejumlah kantor pemerintah setempat akan ditutup selama empat hari mulai dari Senin (10/8) hingga Kamis (13/8).

Kantor yang ditutup itu adalah Kantor Sekretariat Pemda dan Kantor Dinas PMPTSP. “Akan dilakukan sterilisasi oleh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan semua pegawai bekerja dari rumah,” kata Saipul.

Lebih lanjut Saipul mengatakan, bagi pegawai maupun para jajaran pimpinan dinas yang pernah berkontak erat dengan tiga pasien itu mulai dari 25 Juli 2020 hingga 8 Agustus 2020 diminta menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan melapor ke tim medis Dinas Kesehatan Way Kanan. “Sambil menunggu pelaksanaan rapid test atau swab PCR, agar melaksanakan isolasi mandiri di rumah,” kata Saipul.

Kepastian Wakil Bupati Way Kanan positif Covid-19 juga disampaikan langsung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Saya baru saja dapat informasi, kalau Wakil Bupati Way Kanan Edward Anthony terkena Covid-19,” ujar Arinal di Bandarlampung, kemarin.

Sementara terkait hal teknis penyebab wabub Way Kanan terpapar Covid-19, Arinal meminta untuk menanyakan kepada kepala dinas kesehatan setempat atau Provinsi Lampung.

Gubernur juga meminta semua pihak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa mencegah penyebaran Covid-19 di Lampung.

Data yang dipublikasi Dinas Kesehatan Lampung, tercatat ada penambahan sembilan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per Senin (10/8). Penambahan ini terdiri atas beberapa kasus dari sejumlah daerah meliputi Kabupaten Way Kanan, Lampung Tengah dan Kota Bandarlampung.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari Way Kanan tujuh orang, Lampung Tengah satu orang dan seorang dari Bandarlampung.

Secara kumulatif, positif Covid-19 di Provinsi Lampung dari 307 kasus menjadi 316 orang. Selain kasus konfirmasi positif, terdapat juga penambahan pasien suspek dua orang asal Kabupaten Pesawaran dan Kota Metro. (dbs)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *