Cara Sholat Idul Adha Sendiri di Rumah

>Hello Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel kami yang membahas tentang cara sholat idul adha sendiri di rumah. Seperti yang kita ketahui, idul adha adalah salah satu hari raya yang penting dalam agama Islam. Namun, tahun ini kita akan merayakannya di tengah pandemi yang belum berakhir. Oleh karena itu, sholat di rumah menjadi pilihan yang paling bijak. Namun, jangan khawatir karena kami akan memberikan panduan lengkap untuk sholat idul adha sendiri di rumah.

1. Persiapan Sebelum Sholat Idul Adha

Pada dasarnya, persiapan sholat idul adha tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk dan baik. Berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum sholat idul adha:

Membaca Niat Sholat Idul Adha

Pertama-tama, kita perlu membaca niat sholat idul adha. Niat ini dapat dilakukan setelah kita selesai berwudhu atau saat kita hendak memulai sholat. Sebagai panduan, berikut contoh bacaan niat sholat idul adha yang bisa digunakan:

Bacaan Niat Sholat Idul Adha
Nawaitu sholata idul adhaa rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat sholat idul adha dua rakaat karena Allah ta’ala.

Mengenakan Pakaian yang Tepat

Saat melakukan sholat, kita juga perlu memperhatikan pakaian yang kita kenakan. Pakaian yang dipilih sebaiknya bersih dan menutup aurat. Pilihlah pakaian yang nyaman sehingga tidak mengganggu konsentrasi saat sholat. Jika memungkinkan, sebaiknya menggunakan pakaian khusus untuk sholat.

Menyiapkan Tempat Sholat yang Tenang

Sebelum memulai sholat, pastikan kita menyiapkan tempat yang tenang dan nyaman. Bersihkan ruangan dari benda-benda yang dapat mengganggu, seperti televisi atau handphone. Jika telah memiliki sajadah, letakkan di tempat yang sudah ditentukan. Jangan lupa untuk menutup tirai jendela sehingga tidak ada gangguan dari luar.

Mengetahui Tata Cara Sholat Idul Adha

Terakhir, kita perlu mengetahui tata cara sholat idul adha dengan benar. Hal ini akan membantu kita menjalankan sholat dengan khusyuk dan baik. Berikut tata cara sholat idul adha:

Tata Cara Sholat Idul Adha
1. Membaca niat sholat idul adha
2. Berdiri tegak menghadap kiblat dan membaca takbiratul ihram
3. Membaca doa iftitah
4. Membaca surat al-fatihah dan surat lainnya
5. Ruku
6. I’tidal
7. Sujud
8. Duduk di antara dua sujud
9. Tasyahud awal
10. Berdiri untuk rakaat kedua
11. Membaca surat al-fatihah dan surat lainnya
12. Ruku
13. I’tidal
14. Sujud
15. Duduk di antara dua sujud
16. Tasyahud akhir
17. Membaca salam

Dengan memperhatikan persiapan di atas, kita siap untuk melaksanakan sholat idul adha di rumah.

2. Pelaksanaan Sholat Idul Adha Sendiri di Rumah

Setelah melakukan persiapan, sekarang saatnya kita melaksanakan sholat idul adha di rumah. Berikut panduan lengkapnya:

Membaca Takbiratul Ihram

Langkah pertama setelah membaca niat adalah membaca takbiratul ihram. Takbiratul ihram dilakukan pada saat kita berdiri menghadap kiblat. Berikut contoh bacaan takbiratul ihram:

Bacaan Takbiratul Ihram
Allahu akbar, Allahu akbar, Laa ilaaha illallah, Wallahu akbar, Allahu akbar, Wa lillahil hamd

Artinya: Allah maha besar, Allah maha besar, tidak ada tuhan selain Allah, Allah maha besar, Allah maha besar, segala puji hanya milik Allah.

Membaca Doa Iftitah

Setelah membaca takbiratul ihram, kita beralih ke doa iftitah. Doa iftitah dilakukan untuk memulai sholat. Berikut contoh bacaan doa iftitah:

TRENDING 🔥  Cara Pakai Bibit Collagen untuk Badan
Doa Iftitah
Subhaanakallahumma, wa bihamdika wa tabaarakasmuka wa ta’aalaa jadduka wa laa ilaaha ghairuka

Artinya: Maha suci Engkau Ya Allah, dan segala puji hanya milik-Mu. Maha suci nama-Mu dan maha agung kebesaran-Mu, dan tidak ada tuhan selain-Mu.

Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Lainnya

Setelah membaca doa iftitah, saatnya kita membaca surat al-fatihah dan surat lainnya. Biasanya pada sholat idul adha, kita membaca surat al-a’la dan al-ghasyiyah. Berikut bacaan surat al-fatihah:

Bacaan Surat Al-Fatihah
Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin
Ar-rahmaanir-rahiim
Maaliki yawmid-diin
Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin
Ihdinas-siraatal-mustaqiim
Siraatal-laziina an’amta ‘alayhim
Ghai-ril-maghduubi ‘alayhim
Walad-daaalliin

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Ruku

Setelah membaca surat, kita beralih ke ruku. Ruku dilakukan dengan membungkukkan badan hingga kedua tangan memegang lutut. Berikut contoh bacaan ruku:

Bacaan Ruku
Subhaana rabbiyal ‘aziim

Artinya: Maha suci Tuhan Yang Maha Agung.

I’tidal

Setelah ruku, kita bangkit kembali ke posisi tegak. Posisi ini disebut i’tidal. Berikut contoh bacaan i’tidal:

Bacaan I’tidal
Sami’a allahu liman hamidah
Rabbanaa wa laka alhamd

Artinya: Allah maha mendengar orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji.

Sujud

Setelah i’tidal, kita beralih ke sujud. Sujud dilakukan dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, kedua lutut dan ujung kedua kaki pada lantai. Berikut contoh bacaan sujud:

Bacaan Sujud
Subhaana rabbiyal a’laa

Artinya: Maha suci Tuhan Yang Maha Tinggi.

Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud, kita bangkit kembali ke posisi duduk. Posisi ini disebut duduk di antara dua sujud. Berikut contoh bacaan duduk di antara dua sujud:

Bacaan Duduk di Antara Dua Sujud
Rabbighfirlii, warhamnii, wahdini, warzuqnii, wa’aafinii, warfa’nii

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, berilah rahmat-Mu kepadaku, tunjukilah jalan yang lurus untukku, berikanlah rezeki kepadaku, peliharalah aku dari segala penyakit, dan tinggikanlah derajatku.

Tasyahud Awal

Setelah duduk di antara dua sujud, kita beralih ke tasyahud awal. Tasyahud awal dilakukan dengan duduk di atas kaki kiri dan mengangkat jari telunjuk tangan kanan yang diluruskan. Berikut contoh bacaan tasyahud awal:

Bacaan Tasyahud Awal
At-tahiyyaatu lillaahi was-shalawaatu wat-tayyibaat. As-salaamu ‘alayka ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh. As-salaamu ‘alaynaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahis-saaliheen. Ash-hadu an laa ilaaha illallaah wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.

Artinya: Segala penghormatan, kebahagiaan, dan kebaikan hanya milik Allah. Semoga keselamatan terlimpah atasmu, wahai Nabi, dan rahmat serta berkah Allah. Semoga keselamatan terlimpah kepada kami dan kepada semua hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Berdiri untuk Rakaat Kedua

Setelah tasyahud awal, kita beralih ke rakaat kedua. Langkah ini sama dengan rakaat pertama, yaitu membaca surat, ruku, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan tasyahud akhir. Berikut contoh bacaan tasyahud akhir:

Tasyahud Akhir

Tasyahud akhir dilakukan pada saat kita duduk setelah sujud kedua. Pada posisi ini, kita membaca tasyahud akhir. Berikut contoh bacaan tasyahud akhir:

Bacaan Tasyahud Akhir
Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama shol-laita ‘ala Ibroohiima wa ‘ala aali Ibroohiima innaka hamiidum-majiid. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama baarokta ‘ala Ibroohiima wa ‘ala aali Ibroohiima innaka hamiidum-majiid.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberikan sholawat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.

TRENDING 🔥  cara melihat akreditasi sekolah

Membaca Salam

Setelah membaca tasyahud akhir, kita beralih ke salam. Salam dilakukan dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri dengan membaca kalimat salam. Berikut contoh bacaan salam:

Cara Sholat Idul Adha Sendiri di Rumah

Bacaan Salam