336 views

22 Pasang Tarung

Bandarlampung – Pilkada 8 kabupaten/kota di Lampung dipastikan akan menjadi ajang pertarungan bagi 22 pasang bakal calon kepala daerah (bapaslonkada). Pasalnya, hampir semua parpol sudah mengumumkan kandidatnya yang diusung maju pilkada Desember mendatang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koran Editor, pilkada Pesawaran dipastikan akan menjadi pertarungan head to head antara pasangan Dendi Ramadhona – Kol (Purn) Marzuki dengan M. Nasir – Naldi Rinara. Berstatus sebagai petahana, pasangan Dendi-Marzuki diusung 7 parpol, yakni PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, Gerindra, PKB, PPP, dan Hanura. Sedangkan pasangan Nasir-Naldi yang berstatus penantang hanya diusung 2 parpol, yakni PAN dan Nasdem.

Kemudian di Metro menjadi pilkada teramai dengan berpeluang diikuti empat bapaslonkada. Pertama pasangan Ahmad Mufti Salim – Saleh Candra yang diusung PKS dan Nasdem. Kedua pasangan Anna Morinda – Ahmad Fritz yang diusung dan didukung PDI Perjuangan dan Gerindra.

Menariknya lagi di Waykanan yang akan terjadi pertarungan melawan kotak kosong. Petahana Raden Adipati Surya yang resmi menggandang Ali Rahman sebagai wakilnya tidak mendapatkan lawan tarung. Pasangan Juprius – Rina Marlina yang sudah mengantongi rekomendasi Gerindra dan Hanura belum cukup menhantarkannya daftar di KPUD setempat, lantaran kurang dua kuris lagi. Semenetara pasangan Adipati-Ali telah mengantongi tujuh rekomendasi parpol, yakni Demokrat, Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem, PKB, PAN, PKS,

Lalu ketiga pasangan Ampian Bustami – Rudi Santoso yang baru saja mendapat rekomendasi Partai Golkar. Terakhir petahana Djohan yang baru mendapat surat tugas dari Demokrat dan belum memiliki pasangan. Sementara PAN dan PKB belum menentukan arah dukungan untuk pilkada Kota Metro.

Selanjutnya untuk pilkada Lampung Tengah, Lampung Timur, Lmapung Selatan, Pesisir Barat, dan Bandarlampung dipastikan menjadi pertarungan tiga bapaslonkada.

Di Lampung Tengah, petahana Loekman Djoyosoemarto yang berpasangan dengan M. Ilyas Hayani Muda akan mendapat perlawanan dari pasangan Musa Ahmad – Ardito Wijaya dan Nessy Kalvia Mustafa – Imam Suhadi. Pasangan Loekman-Ilyas sendiri diiusung PDI Perjuangan dan Gerindra. Sedangkan pasangan Musa-Dito diusung Golkar, PAN, Demokrat, dan PKB. Sedangkan pasangan Nessy-Imam diusung PKS dan Nasdem.

Di Lampung Timur, petahana Zaiful Bokhari yang menggandeng kader Golkar Sudibyo akan bertarung dengan dua pasangan lainnya. Yakni pasangan Yusran Amirullah – Beni Kisworo yang diusung Nasdem dan Demokrat, serta pasangan Dawam Rahardjo – Azwar Hadi yang baru saja mendapat rekomendasi Golkar dan PKB. Sementara pasangan Zaiful-Sudibyo sendiri diusung PDI Perjuangan dan PKS. Sedangkan Gerindra belum mengeluarkan rekomendasi untuk pilkada Lampung Timur.

Di Lampung Selatan juga menjadi ajang pertarungan tiga bapaslonkada. Pertama pasangan Nanang Ermanto – Pandu Kesuma Dewangsa yang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, Hanura, dan PPP. Kedua pasangan Tony Eka Candra – Antoni Imam yang diusung Golkar dan PKS. Terakhir pasangan Hipni – Melin Haryani Wijaya yang diusung PAN, PKB, dan Gerindra. Sementara Demokrat dan Perindo belum menentukan arah dukungan di pilkada Lampung Selatan.

Di Pesisir Barat juga menjadi pertarungan tiga bapaslonkada. Pertama pasangan Agus Istiqlal – Zulqoini Syarif yang diusung Nasdem dan PAN. Kedua pasangan Pieter – Fahrurrazi yang diusung PDI Perjuangan dan PKS. Ketiga pasangan Aria Lukita – Erlina yang diusung Demokrat dan PKB. Sedangkan partai lainnya belum mengeluarkan rekomendaisnya.

Di Bandarlampung juga berpeluang diikuti tiga bapaslonkada. Pertama pasangan Eva Dwiana – Dedi Amrullah yang berpeluang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, dan PKS. Kedua pasangan Yusuf Kohar – Tulus Purnomo yang berpeluang diusung Demokrat, PAN, PKB, Perindo, dan PPP. Ketiga Rycko Menoza yang belum memiliki pasangan ini berpeluang diusung Golkar. Sedangkan Gerindra belum mengumumkan rekomendasi untuk pilkada Bandarlampung.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan rekomendasi pilkada serentak 2020, termasuk pilkada di Lampung. Rekomendasi diumumkan melalui siaran PKS TV, Sabtu (29/8).

Namun dari delapan pilkada, partai dengan tagline berkhidmat untuk rakyat ini hanya mengumumkan tujuh rekomendasi. Yakni Pesawaran, Lamsel, Lamtim, Lamteng, Metro, Pesibar, dan Waykanan.

Sementara untuk Bandarlampung masih menggantung. Padahal, DPW PKS Lampung telah mengundang bakal calon walikota Bandarlampung Eva Dwiana dan menyampaikan jika DPP telah menyetujuinya.

Mereka yang mendapat dukungan PKS yakni Dendi-Marzuki (Pesawaran), Pitter-Fahrurrazi (Pesibar), Nessy-Imam (Lamteng), Mufti-Saleh (Metro), Zaiful-Sudibyo (Lamtim), Tony-Antoni (Lamsel), dan Adipati-Edward (Waykanan).

Ketua DPW PKS Lampung, Ahmad Mufti Salim membenarkannya. Namun, dirinya mengatakan berkas fisik rekom belum sampai di Lampung. “Berkas fisik belum sampai Lampung,” ujarnya, kemarin.

Terkait masih ada nama Edward Antony di rekomendasi Waykanan, anggota DPRD Lampung ini mengatakan, nanti menunggu rekomendasi B1KWK. “Kita lihat nanti fisik B1KWK,” tandas bakal calon walikota Metro ini. (cah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *