45 views

Survei Rakata, Sementara Zaiful Unggul

Bandarlampung – Rakata Institute merilis survei pilkada Lampung Timur via virtual, Rabu (22/7). Hasilnya petahana Zaiful Bokhari sementara masih menggungguli kandidat lainnya. Yakni Dawam Rahardjo (kader NU), Yusran Amirullah (Ketua Nasdem Lamtim) dan Sugiyanto (caden).

Zaiful unggul baik segi popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Meskipun unggul, posisi Zaiful masih riskan tergeser. Dikarenakan nilai kepuasan masyarakat atas kepimimpinannya terbilang kecil hanya 55,70 persen. Ditambah 54,20 persen warga ingin bupati baru.

Dari segi popularitas, Zaiful unggul 94,70 persen. Disusul Yusran 85,50 persen dan Dawam 77,60 persen.

Untuk akseptabilitas, Zaiful juga unggul dengan 66,10 persen. Disusul Dawam 56,60 persen dan Dawam 55,20.

Kemudian untuk elektabilitas, Zaiful juga masih unggul dengan 25,80 persen. Disusul Dawam 23,10 persen dan Yusran 17,10 persen.

Peneliti Rakata Institute, Yuli Harmoko memaparkan, Zaiful Bokhari sebagai petahana saat ini memiliki keunggulan dalam popularitas mencapai 94,70 persen dan tingkat akseptabilitas 66,10 persen yang tentunya paling tinggi dari pada kandidat yang lain.

“Namun, Elektabilitas petahana hanya 25,80 persen, ini terlalu rendah bagi seorang petahana yang seharusnya e|ektabilitas bisa lebih dari 30,00 persen,” ujarnya.

Berdasarkan survei Rakata, menurutnya, posisi Zaiful sebagai seorang petahana untuk pilkada Lampung Timur saat ini masih belum aman.

“Tingkat kepuasan atas kinerja ZaifuI Bokhari sebagai Bupati Lampung Timur hanya 55,70 persen menjadi salah satu indikator kelemahan petahana yang seharusnya untuk titik aman seorang petahana tingkat kepuasan kinerja harus lebih dari 60,00 persen. Ditambah lagi 54,20 persen masyarakat menginginkan Bupati baru,” paparnya.

Kemudian berdasarkan survei rakata, masih kata dia, ada dua sosok kuat pengancam posisi petahana di Lampung Timur. Yakni Dawam Rahardjo dan Yusran Amirullah.

Pertama, sosok Dawam Raharjo birokrat senior putra daerah Lampung Timur dengan elektabilitas 23,10 persen yang diusung PKB dan berasal dari kalangan Keluarga Besar NU ini akan menjadi salah satu penantang kuat sang petahana apabila bisa memaksimalkan motor PKB dan NU yang ada di Lampung Timur.

“Kelemahannya adalah sebagai sosok pendatang baru di politik Lampung Timur Dawam Rahardjo masih perlu meningkatkan tingkat popularitasnya Iebih tinggi lagi,” ucapnya.

Kedua, ada sosok Yusran Amirullah politisi Nasdem dan juga petarung lama di Pilkada Lampung Timur dengan elektobilitas 17,10 persen.

“Sebagai petarung lama di Lampung Timur yang sudah dua kali pernah bertarung dalam pilkada Lampung Timur tentu membuat sosoknya masih banyak dikenal dikalangan pemilih lamanya dan tentunya memiliki keinginan besar untuk bisa menang pada keikutsertaan yang ketiga kali ini,” paparnya.

Selain itu, sosoknya sebagai ketua Partai Nasdem tentu bisa membuatnya Iebih maksimal dalam menggerakkan motor partainya dalam pertarungan Pilkada kali ini untuk mencapai kemenangan.

“Kelemahannya adalah bayang bayang dua kali kekalahan pada Pilkada sebelumnya tentu sedikit banyak akan berpengaruh kepada psikologis tim dan pemilih,” jelasnya. (Cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *