202 views

Rawan Bencana Gempa, BPBD Lambar Tambah Alat Pendeteksi

Lampung Barat – Lampung Barat (Lambar) merupakan salah satu Kabupaten rawan gempa. Untuk mempermudah dalam pemantauan gempa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar menambah alat pendeteksi gempa Warning Receiver System (WRS) dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung.

WRS tersebut merupakan alat untuk mendeteksi gempa diatas lima Skala Richter (SR), dan alat monitoring pendeteksi gempa dibawah lima Skala Richter.

“Untuk alat monitoring pendeteksi gempa diatas lima SR sebenarnya memang sudah ada di BPBD, hanya di ganti yang baru saja, tapi kalau alat monitoring pendeteksi gempa dibawah lima SR sebelumnya memang belum ada,” ungkap Kepala BPBD Lambar, Maidar, Senin (6/7/2020).

Maidar berujar, dengan adanya alat pendeteksi gempa ini, akan membantu untuk mengetahui kekuatan dan letak dimana titik koordinat gempa terjadi.

“Sehingga jika bencana terjadi kita bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” ujarnya.

Lebih lanjut Maidar menuturkan, dengan di upgradenya alat pendeteksi gempa, masyarakat Lampung Barat dapat memanfaatkannya informasi yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Selain itu kami imbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan kami menghimbau masyarakat untuk memastikan konstruksi pada bangunan permanen yang dibangun dengan konstruksi tahan gempa,” tutur Maidar mengimbau.

Untuk pusat informasi BPBD Lambar, masyarakat dapat menghubungi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) di call center 08117287288.

Lalu diakuinya, rumah adat asli penduduk Lampung Barat merupakan salah satu contoh konstruksi rumah tahan gempa, karena terbuat dari material kayu.

“Kemudian melihat rumah-rumah asli penduduk Lambar yang bermaterial kayu itu merupakan salah satu konstruksi yang tahan gempa sehingga tentunya konstruksi seperti itu baik untuk dipilih,” tukas dia. (Ade Irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *