123 views

Petakan Kendala Jaringan, Bawaslu Lakukan Gerakan Klik Serentak

Bandarlampung – Pada hari pertama tahapan Coklit Daftar Pemilih, 15 Juli 2020 Bawaslu akan melakukan pengawasan
Gerakan Klik Serentak yang diselenggarakan KPU.

“Pengawasan ini terutama untuk memetakan penggunaan teknologi informasi dan kondisi jaringan di tiap-tiap daerah pemilihan,” terang Ketua Bawaslu Abhan dalam siaran persnya, Selasa (14/7).

Disampaikannya, Gerakan Klik Serentak adalah program KPU yang diselenggarakan pada hari pertama pelaksanaan Coklit.
“Hal ini dimaksudkan untuk mengefektifkan proses pencocokan dan penelitian secara online melalui:
www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.,” lanjutnya.

Pada hari tersebut, Pemilih mengecek apakah dirinya terdaftar sebaga pemilih dengan memasukkan NIK, nama dan tanggal lahir.

“Dari data yang dikumpulkan Bawaslu di 284 kabupaten/kota yang melaksanakan pemilih dengan 3.935 kecamatan, terdapat 541 kecamatan yang terkendala jaringan,” jelasnya.

Di antara kabupaten/kota yang memiliki kendala jaringan secara merata adalah Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sintang (Kalimantan Barat); Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Asmat dan Kabupaten Merauke (Papua);
Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Sulawesi Utara); Kabupaten Kepulauan Mentawai (Sumatera Barat); Kabupaten Katingan (Kalimantan Tengah); Kabupaten Bulukumba (Sulawesi Selatan); Kabupaten
Kaimana (Papua Barat); dan Kabupaten Kepulauan Sula (Maluku Utara).

Selain itu, Bawaslu telah melakukan sejumlah langkah dalam rangka persiapan dan pelaksanaan pengawasan Pemilihan Tahun 2020.

Beberapa hal tersebut antara lain penyusunan rancangan
Perbawaslu, pengaktifan Panwaslu Ad hoc, penyusunan modul bimtek bagi Panwaslu Ad hoc, rancangan Perbawaslu tentang Pengawasan, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak
Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease (Covid-19).

“Bawaslu juga melakukan penyempurnaan hukum acara penyelesaian sengketa serta digitalisasi putusan dan mekanisme penyelesaian sengketa,” imbuhnya.

Berbagai kegiatan dan program diharapkan dapat mendukung
dan memperkuat Bawaslu dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Terkait dengan perkembangan pencairan anggaran dana hibah, sampai dengan Selasa, 14 Juli 2020 pukul 10:00 WIB sebanyak 137 daerah telah menyelesaikan pencairan dana 100 persen.

“Sementara sebanyak
133 daerah pencairan anggarannya belum mencapai 100 persen,” tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *