157 views

Penyerapan DD Tahap Dua Dipecah Tiga Kali, 34 Pekon Belum Ajukan Usulan

Lampung Barat, Editoronline.co.id – Penyerapan Dana Desa (DD) setelah adanya pandemi Covid-19 tahap kedua dipecah menjadi tiga kali, yaitu 15 persen, 15 persen dan 10 persen. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemerintahan Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMP), Ruspel Gultom, Kamis (2/7/2020).

“Pada pencairan DD 40 persen tahap satu, pemerintah menggelontorkan dana tersebut sekaligus. Perbedaannya dampak dari merebaknya Coronavirus Disease (Covid-19), DD tahap kedua yakni 40 persen harus dibagi menjadi 15 persen, 15 persen dan 10 persen, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan,” ujar Ruspel.

Sementara itu, dari 131 Pekon yang ada di Lampung Barat, baru 77 Pekon yang telah menyerap anggaran Dana Desa (DD) tahap kedua sebesar (15%), dan dana tersebut sudah masuk ke dalam Rekening Kas Desa (RKD).

“Dari 131 Pekon yang ada di Lambar hingga kemarin, sebanyak 77 Pekon yang sudah dapat mencairkan DD untuk melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ke masyarakat, hari ini ada tambahan 20 Pekon yang baru mengusulkan untuk pencairan, tinggal 34 pekon yang belum mengusulkan untuk pencairan DD tahap kedua,” ungkapnya.

Ruspel menuturkan kepada pekon yang belum mengusulkan untuk pencairan DD tahap Kedua ini, agar segera mengusulkan karena keterlambatan tersebut sangat berdampak kepada pekon lain.

“Karena apabila ada Pekon yang mengalami keterlambatan untuk pengusulan, maka akan berdampak pada pekon lain untuk pencairan tahap selanjutnya,” tutur dia singkat. (Ade Irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *