61 views

Caden Disarankan Siapkan Berkas Perbaikan 2 Kali Jumlah TMS

Bandarlampung – Dua pasang bakal calon independen (caden) walikota dan wakil walikota Bandarlampung, Ike – Zam dan Firman – Bustomi disarankan untuk menyiapkan berkas perbaikan dukungan sebanyak dua kali dari jumlah dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Pasalnya, berdasarkan temuan Bawaslu Kota Bandarlampung per Minggu (5/7), tercatat ribuan dukungan dari keduanya yang dinyatakan TMS. Dikubu Ike – Zam tercatat 6 ribuan dukungan dinyatakan TMS dari 14 ribu dukungan yang sudah diverifikasi. Sedangkan, dikubu Firman – Bustomi tercatat 7 ribuan dukungan dinyatakan TMS dari 16 ribu dukungan yang sudah diverifikasi.

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansyah, meminta kedua caden dapat menyiapkan berkas perbaikan lebih banyak. Minimal dua kali dari jumlah dukungan yang TMS.

Berdasarkan pengawasan jajarannya selama verifikasi faktual, ribuan dukungan dari kedua caden telah dinyatakan TMS.

“Untuk pasangan Firmansyah-Bustomi sekitar 16 ribu yang sudah di verifikasi dan hasilnya 7 ribu yang TMS. Sedangkan Caden Ike-Zam 14 ribu yang di verifikasi terdapat 6 ribu dukungan yang tidak memenuhi syarat berdasarkan pengawasan kami,” terangnya, Senin (6/7).

Melihat data tersebut, Candra – sapaan akrabnya – optimis kedua caden tidak bakal memenuhi syarat dukungan minimal untuk maju sebagai caden di pilwakot Bandarlampung.

“Saya yakin ini tidak akan langsung memenuhi syarat untuk calon perseorangan karena syaratnya 47,864, sekitar 7,5 persen. Ini syarat minimal dukungan jumlah penduduk yang tersebar di 11 kecamatan,” paparnya.

Kendati demikian, lanjut dia, kedua caden masih diberikan waktu untuk melakukan perbaikan setelah verifikasi faktual yang akan selesai pada 12 Juli mendatang.

“Dalam tahap perbaikan ini, disarankan kedua caden dapat menyiapkan berkas dua kali dari jumlah yang TMS. Kalau kedua caden ingin lolos verifikasi,” ungkapnya.

Dikatakannya, masa perbaikan dukungan caden akan dilakukan di akhir Juli ini. “Nantinya akan ada perbaikan yaitu penyerahan berkas tiga hari dan di verifikasi oleh KPU Bandar Lampung, setelah itu di verifikasi kembali di lapangan. Sekitar ada waktu 10 hari untuk diverifikasi kembali dan jajaran pengawas lapangan akan terus mengawasi,” pungkasnya.

Diketahui, KPU Kota Bandar Lampung menggunakan metode sensus pada verifikasi faktual (Verfak) dukungan pasangan calon perseorangan. Tahapan Verfak dimulai, 24 Juni hingga 12 Juli mendatang. Verfak dilakukan oleh 378 verifikator yang berasal dari PPS setempat.

Dukungan yang akan diverifikasi kebenarannya terdiri dari dukungan Bapaslon Firmansyah-Bustomi Rosadi sebanyak 47.552 orang dan dukungan Bapaslon Ike Edwin-Zam Zanariah sebanyak 43.337 orang. Diluar jumlah tersebut, terdapat 10.661 dukungan ganda antar calon yang juga akan dilakukan verfak. Keseluruhan dukungan tersebar di 20 kecamatan dan 126 kelurahan se-Kota Bandar Lampung.

Sementara itu, syarat dukungan minimal untuk caden pada pilwakot Bandarlampung sebesar 47.864 dukungan dan tersebar di 11 kecamatan se-Bandarlampung. (Cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *