30 views

Persiapan Pengawasan Verfak, Jajaran Bawaslu Bandarlampung Lakukan Rapid Test

Bandarlampung – Sebanyak 367 jajaran Bawaslu Kota Bandarlampung melakukan rapid tes di 30 puskesmas yang tersebar di Kota Bandarlampung, Senin (22/6). Rapid tes digelar dalam rangka persiapan jajaran Bawaslu untuk mengawasi tahapan Verifikasi Faktual (verfak). Pelaksanaan dibagi menjadi 2 (dua) sesi mulai hari ini tanggal 22 sampai dengan 23 Juni 2020.

Sesuai PKPU 5 Tahun 2020 Pada tanggal 24 Juni sampai dengan 12 Juli Tahapan Verifikasi Faktual di tingkat Desa/Kelurahan, selama 14 (empat belas ) hari sejak dokumen syarat dukungan Bakal Pasangan Calon diterima oleh PPS.

Menurut Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Chandrawansah, jajaran Pengawas siap melakukan pengawasan ditengah Pandemi Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan termasuk melakukan Rapid Test terlebih dahulu.

Terkait, lanjut dia, dengan pengawasan Verifikasi Faktual jajaran pengawas masih menunggu instruksi maupun tata cara dari Bawaslu RI yang akan di rapatkan setelah Rapat virtual Bawaslu Provinsi dengan Bawaslu RI yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2020.

“Bawaslu Kota Bandar Lampung akan melaksanakan rapat koordinasi mengenai tata cara Verifikasi Faktual dengan jajaran Panwaslu kecamatan setelah mendapat hasil rapat Bawaslu Provinsi dengan Bawaslu RI tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, Bawaslu Kota Bandar Lampung hari ini tanggal 22 Juni 2020 juga telah melayangkan surat pencegahan kepada KPU Kota Bandar Lampung dalam rangka agar KPU memenuhi semua ketentuan tata cara Verifikasi Faktual. “Dan menginstruksikan kepada PPK dan jajarannya bekerja sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *