79 views

Peringati Harganas DPPKB Tuba Target 2.640 Akseptor

TULANGBAWANG – Pemkab Tulangbawang melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar pelayanan KB serentak disuruh fasilitas kesehatan yang ada di daerah setempat, Senin (29/06/2020).

Pelayanan KB serentak dengan target 2.640 akseptor di seluruh fasilitas kesehatan di Tulangbawang ini dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tulangbawang, Anthoni, menghadiri pelaksanaan pelayanan KB serentak di Puskesmas Tuba I Kecamatan Banjar Agung, mewakili Bupati Tuba Winarti.

Kepala DPPKB Tuba, Herry Novrizal, menjelaskan, selain di Tulangbawang, pelayanan KB serentak dengan target sejuta akseptor ini juga digelar serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka Harganas ke-27 tahun 2020.

“Kita melakukan gerakan pelayanan KB serentak. Alhamdulillah, target 2.640 akseptor terlampaui. Ini berlangsung di seluruh fasilitas kesehatan di 15 Kecamatan,” kata Herry Novrizal.

Sementara, Bupati Tuba Winarti menyebutkan, program keluarga berencana harus mendapat perhatian khusus dalam kerangka pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Menurutnya, di saat Covid-19 menjadi pandemi di Indonesia dan dunia, kasus pertama penyakit ini masuk Indonesia pada 2 Maret yang diumumkan langsung Presiden RI Joko Widodo.

Hal ini, kata Winarti, jelas akan mempengaruhi segala sektor termasuk pada program keluarga berencana.

Melalui momen peringatan Harganas ke-27 tahun 2020, dengan segala keterbatasan kondisi dan upaya saat ini BKKBN berinisiatif melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pesan bagi keluarga tentang kesiapan pelayanan kontrasepsi untuk melayani kebutuhan para keluarga,” ucapnya.

Winarti juga mengajak semua pihak agar menjadikan hari keluarga sebagai momentum untuk melakukan intropeksi, evaluasi, dalam membangun kelurga.

“Harganas ke-27 ini mesti dijadikan daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, dengan Pemerintah Daerah dalam membangun bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera,” tandas Winarti. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *