199 views

Pemimpin Kudu Bahagia Jangan Suka Marah-Marah

Oleh : Deni Haddad
Ketua Bidang Pemuda DPD PBL Lampung

Tak ayal di suatu negeri terdapat seorang pemimpin yang berjiwa arogan, pelit lalu dikenal juga sering serakah bahkan menurut orang di sekitarnya pemimpin tersebut juga licik.

Pemimpin tersebut dipercaya rakyatnya untuk menduduki jabatan nomor wahid di daerah kekuasaannya, entah kenapa rakyat begitu percaya sehingga yakin untuk memilihnya menjadi seorang pemimpin.

Keyakinan rakyat tersebut terbukti dengan dirinya menjadi pemimpin di negeri itu, halusinasi apa, hipnotis apa atau magic apa yang dipakai sehingga rakyat dengan ikhlas memilih dan menjadikannya sebagai pemimpin, ahhh mungkin garis tangannya saja atau memang sudah takdirnya.

Dengan memiliki watak asli arogan, pelit, serakah bahkan licik, tak heran setiap kebijakan sering menjadi kontroversi, yang lebih sering malah ucapan kasar keluar dari mulutnya, sehingga sebagian rakyatnya baru sadar kalau salah memilih dirinya sebagai pemimpin.

Mengurus pemerintahan jauh beda dengan mengurus lapak kekuasaan macam preman punya wilayah kekuasaan, sebab dalam menjalankan roda pemerintahan tentu banyak sekali aturan-aturan dengan peraturan dan undang-undang di dalamnya, sementara pemimpin suatu lapak kekuasaan hanya memiliki aturan sesuai kehendaknya saja, malah kadang ucapan yang keluar semau-maunya tanpa ada aturan yang baku.

Jiwa pimpin macam itu sangat jauh akan kemajuan suatu negeri, tentu jangan harap akan adanya visi dan misi, inovasi bahkan prestasi, yang ada hanya mengurus pemerintahan ala kadarnya saja, sampai waktu masa jabatan habis.

Pemimpin pemerintahan justeru harus memiliki segudang inovasi agar rakyatnya maju dan sejahtera bukan sekedar janji ini dan itu hanya bualan saja, supaya tercapai predikat segudang prestasi.

Mudah-mudahan di negeri nyata ini tak ada seorang pemimpin yang berjiwa macam itu, sebab kasihan bagi rakyat yang mempercayainya menjadi seorang pemimpin jika memiliki perawakan yang kasar, arogan, serakah bahkan licik.

Pemimpin harus dinamis jangan statis, pemimpin kudu baik bukan jahat, pemimpin harus merakyat bukan menimbulkan sekat-sekat dan pemimpin harus bahagia jangan sering marah-marah. Tabik… (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *