73 views

Kekerasan Seksual Meningkat, LPA Lamteng : Kita Harus Bergandengan Tangan, Kalau Menunggu Pemda Saja Tidak Akan Selesai

Editoronline.co.id, Lampung Tengah – Angka kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Lampung Tengah mengalami peningkatan drastis dalam kurun waktu dua bulan.

Eko Yuono, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Lampung Tengah mengatakan, dari bulan Mei sampai bulan Juni 2020 terdapat 10 kasus baru kekerasan seksual terhadap anak.

“Luar biasa meningkat mas, pada Mei ada 3 kasus, Juni 6 kasus dan pada hari ini bertambah 1 kasus lagi menjadi 10 kasus,” kata Eko kepada awak media, Senin (15/6/2020).

Eko juga menyebutkan jika para pelaku hampir seluruhnya merupakan orang terdekat korban, mulai ayah kandung, ayah tiri hingga paman korban.

“Semua pelaku orang terdekat mas, satu ayah kandung, satu ayah tiri, dua paman kandung dan sisanya merupakan pacar si korban,” cetus Eko.

Total kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Lampung Tengah pada tahun 2020 sudah menyentuh angka 43 kasus dan diprediksi akan menyentuh lebih dari 100 kasus sampai akhir tahun.

Hal tersebut diutarakan oleh Eko karena faktor kurangnya pengewasan dari orang tua serta minimnya peran pemerintah setempat dalam memerangi kekerasan seksual terhadap anak.

“Sampai hari ini sudah ada 43 kasus dan saya prediksi tahun ini akan lebih dari 100 kasus. Itu bisa terjadi karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya dan peran pemerintah sangat minim untuk menekan angka kasus kekerasan terhadap anak,” bebernya.

Oleh karena itu, sambung Eko, kedepannya ia berharap semua unsur harus bergandengan tangan dalam memerangi kekerasan seksual terhadap anak.

“Saya harap pemda, aparat berwenang, masyarakat maupun pihak non lembaga seperti perusahaan, BUMN perlu ikut sosialisasi turun kebawah. Kalau kita hanya menunggu pemda saja tidak akan selesai, kita harus bergandengan tangan supaya tidak ada lagi korban yang berjatuhan,” ujarnya. (san) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *