584 views

Aneh, Pengadaan Paket Sembako Beras Tanpa Spesifikasi yang Jelas

Lampung Barat – Rendahnya mutu paket sembako beras yang diberikan kepada masyarakat Lampung Barat (Lambar), untuk penyediaan jejaring pengamanan sosial akibat pandemi virus corona menimbulkan pertanyaan besar.

Bagaimana tidak, setelah ditelusuri kepada Pemkab Lambar (Dinsos) dan pihak ketiga, pengadaan beras tersebut tanpa spesifikasi yang jelas.

Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinsos Lambar, M. Danang Hari Suseno saat ditemui di Ruang Kerjanya, dan ditambah keterangan dari pihak ketiga penyedia barang dan jasa, Aho Wijaya saat ditemui di Gudang penyimpanan sembako tersebut, Rabu (10/6/2020).

“Spesifikasi pengadaan paket sembako beras sebanyak 350 Ton tersebut tidak ada spesifikasinya, tidak disebutkan secara rinci beras harus kualitas premium atau super premium,” ungkap Danang.

Ditambahkannya, dalam kontrak pengadaan tersebut hanya disebutkan dengan kualitas baik, putih dan bersih.

Dilain pihak, penyedia barang dan jasa pengadaan paket sembako beras, Aho Wijaya, juga mengatakan hal yang sama.

“17 Mei barang sampai di gudang. Kami cuma punya waktu sebanyak 15 hari untuk pengadaan tersebut. Dan kami melihat di surat kontrak pengadaan tersebut tidak menyebutkan bahwa beras harus kualitas spesifikasi premium atau super premium, tapi hanya disebutkan bahwa beras harus putih dan bersih,” jelas Aho menerangkan.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, saat pemesanan beras di perusahaan yang tersebar di dua tempat yaitu di Kota Metro dan Lampung Tengah, diminta untuk menyiapkan sesuai dengan yang tertera pada kontrak.

“Dan perusahaan mengaku jika beras tersebut dengan kualitas yang baik, putih dan bersih. Hingga saat ini, total 298 ton yang sudah disimpan di gudang, sisanya masih di pabrik. Untuk nilai kontrak, KPM sebanyak 35.000 KK dengan besaran nilai Rp8,1 miliar. Rinciannya, beras 1 Kg sebesar 14 ribu rupiah, dan dencis 140.000 kaleng, 20.000 per kalengnya,” tutur Aho. (Ade Irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *