51 views

Virus Corona Terkendali Nilai Rupiah Mulai Membangkit

Oleh
Intan Aprilia Sari
Mahasiswa UIN RIL

Nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika serikat mulai bergerak menguat pada perdaggangan dini hari ini. Seiring dengan terus banyaknya penderita virus corana yang sudah banyak yang sembuh menjadikan berita yang positif untuk mata uang di asia, khususnya rupiah. Rupiah di buka angka 13.715 per dolar as. Sejak pagi hingga siang ini nilai tukar rupiah bergerak sekitar kisaran 13.695 per dolar AS hingga 13.726 per dolar AS. Jika di hitung awal tahun, rupiah masih menguat 1,02 persen.

Sedangkan berdasarkan kurs referensi Jakarta interbank spot dollar rate (jisdor) bang Indonesia (BI), nilai tukar rupiah di patok di angka 13.717 per dolar AS, menguat jika di bandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.760 per dolar AS.

Kepala riset Samuel asset manajemen lana soeslistianingsih di Jakarta, rabu, mengatakan pemberitaan terkait kesembuhan pasien covid-19 yang memberikan angin seggar bagi pasar.

Di umumkan jumlah pasien yang terjangkit virus sudah berrangsur pulih dan jumlahnyapun lebih besar dari pada pasien yang meninggal.

Rupiah di buka angka 13.695 perdolar AS, menguat tipis. Otoritas kesehatan china mengumumkan sebanyak 892 pasien yang terinfeksi dengan virus corona telah meninggalkan rumahsakit setelah mereka pulih. Terkait moneter, bank sentral china people’s bank of china menyuntikan 1,2 triliun yuan (173,81 miliar dolar AS). Ke pasar uang melalui perjanjian pembelian kembali obligasi.

Bank sentral juga memotong daripada suku bunga pada fasilitas pendanaan jangka pendek sebesar 10 basis point. Saya memperkirakan rupiah hari ini bergerak kisaran Rp.13.720 per dolar AS hingga Rp.13.740 per dolar as. Kita semua berharap agar virus covid-19 ini segera teratasi dan nilai tukar rupiah semakin membaik dan menuju stabil. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *