24 views

Timsel Calon KPID Terbentuk

// Dewan Klaim Tim Sudah Bekerja, Tim Sebut Masih Bahas Soal Ketua //

Bandarlampung – DPRD Provinsi Lampung telah membentuk Tim Seleksi (Timsel) Komisi Penyiaran Daerah Indonesia (KPID) Provinsi Lampung periode 2020-2023. Timsel yang dibentuk itu terdiri dari unsur pemerintah provinsi (pemprov), tokoh masyarakat, akademisi/kampus, dan KPI Daerah.

Mereka adalah Ir. H. Fahrizal Darminto, MA (Sekda Pemprov Lampung); Dr. H. Sudarman, S. Ag. (tokoh masyarakat); Dr. Yusdianto, MH dan Dr. Ari Darmastuti (Akademisi); serta Agung Wibawa, M. Si. (KPID).

Penetapan timsel berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan DPRD Lampung Nomor : 2/K.PIMP/III.01/2020. Surat ditandatangi langsung oleh lima pimpinam DPRD Lampung pada 28 April 2020.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Lampung, Yozi Rizal membenarkan hal tersebut. Bahkan, dirinya mengklaim timsel sudah mulai bekerja. “Sudah (dibentuk) dan Tim sudah mulai bekerja, mungkin tak lama lagi akan segera membuka pendaftaran,” ujarnya, kemarin.

Kendati demikian, politisi Partai Demokrat ini mengaku tidak mengetahui siapa untuk Ketua Timselnya. “Coba aja hubungi salah satu dari mereka, kita tak akan intervensi,” tandasnya.

Terpisah, Timsel dari unsur akademisi, Ari Darmastuti mengatakan, pihaknya saat ini masih berdiskusi menentukan ketua timsel. “Kami masih berdiskusi tentang ketua,” ucapnya.

Disingung terkait teknis seleksi, Ari enggan berkomentar lebih jauh. “Maaf, saya tidak berhak memberi komentar apapun sampai kami membuat keputusan bersama,” tandasnya.

Sebelumnya, Pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Lampung melakukan audiensi dan kunjungan kerja ke KPI Pusat di Jakarta. Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan rekrutmen calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung.

Ketua Komisi I DPRD Lampung Yozi Rizal mengatakan sebenarnya masa jabatan anggota KPID Lampung telah berakhir sejak Mei 2018 lalu, namun diperpanjang karena informasi yang diterima terbentur dengan pelaksanaan Pilkada 2018 dan tahapan pemilu. Sehingga untuk meminimalisir conflict of interest dalam proses rekrutmen kesepakatannya dilakukan perpanjangan masa jabatan.

“Memang dimungkinkan, sebab menurut Pasal 27 Peraturan KPI Nomor 01/P/ KPI/07/2014, bahwa Anggota KPI yang masa jabatannya berakhir, tetap bertugas sesuai dengan segala kewenangannya sampai terpilih dan ditetapkan dengan keputusan Gubernur untuk Anggota KPI Daerah,” kata Yosi Rizal, Kamis (23/1).

Kemudian anggota legislatif asal daerah pemilihan Lampung Utara-Way Kanan ini mengatakan rekrutmen KPID Provinsi Lampung sudah sangat urgen dan mendesak. “Hal ini karena sudah dilakukan perpanjangan masa jabatan, dan yang terpenting diperlukan adanya penyegaran,” ungkap Politisi Partai Demokrat ini. (Cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *