551 views

Penerapan New Normal di Lambar, Ini Mekanismenya

Lampung Barat – Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan terapkan new normal atau tatanan hidup baru, kebijakan tersebut dilakukan setelah ditetapkan pemerintah setelah melihat dan menganalisa perkembangan penyebaran pandemi Covid Virus Deases 2019 (Covid-19).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) akan menerapan kebijakan New Normal, utamanya di sejumlah spot perkumpulan massa, seperti pasar, yang akan dimulai pada Selasa 2 Juni 2020.

Untuk itu, pihaknya lakukan sosialisasi kebijakan tatanan kehidupan baru (New Normal) kepada pedagang dan pengunjung di Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Minggu (31/5/2020).

Pilot projects (proyek percontohan) new normal dilakukan pada dua pasar, yakni Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit dan Pasar Sekincau.

Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Lambar yang melakukan sosialisasi tersebut merupakan gabungan dari Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Pol-PP dan TNI-Polri.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar, Yudha Setiawan mengatakan, persiapan yang pertama dalam melaksanakan kebijakan new normal adalah masyarakat atau pengunjung pasar dan pedagang siap untuk selalu mematuhi semua bentuk protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sehingga dilakukan sosialisasi yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan kesiapan dalam menjalankan tatanan baru yang akan diberlakukan mulai pekan depan.

“Hari ini kita menjalankan amanat pimpinan (Bupati), bahwa kita (Pemkab Lambar) mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mempersiapkan tatanan baru new normal ditengah covid-19,” ujar Yudha Setiawan saat lakukan sosialisasi, Minggu (31/5).

Protokol kesehatan yang akan diterapkan pada new normal salah satunya yakni, pengunjung dan pedangan diminta selalu menggunakan masker dan menjaga jarak serta rajin cuci tangan.

“Mekanisme dalam penarapan new normal di Pasar Liwa yakni dengan merubah tatanan jarak bagi pengunjung dan pedagang. Dimana, melalui petugas pasar setempat akan memberi jarak untuk pedagang dalam menawarkan jualannya kepada pengunjung,” ungkapnya.

Lalu, kata Yudha, pola penerapannya akan diatur oleh petugas pasar. Dan ia berharap kepada seluruh masyarakat Lambar, untuk dapat mengikuti segala peraturan yang telah ditetapkam dalam menjalankan new normal ini.

Sementara menurut Kabid Penegakan Perda dan Perbup, Sat Pol PP Lambar, Sukardi, mendampingi Kasat Haiza Rinsa, pilot projects new normal dilakukan di Pasar Liwa dan Pasar Sekincau, tapi pelaksanaannya dilakukan di semua pasar yang ada di Lampung Barat.

“Bagi masyarakat yang tidak mentaati anjuran, tidak diperkenankan untuk masuk ke lokasi pasar. Mereka bakal diperintahkan putar balik alias pulang ke rumah. Untuk tindakan tegasnya kami serahkan kepada TNI/Polri,” tutur Sukardi singkat. (Ade Irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *