29 views

Pasien Positif Covid-19 Sembuh Bertambah

BANDARLAMPUNG – Pasien terkonfirmasi positif terpapar Coronavirus Desease (Covid-19) di Lampung yang dinyatakan sembuh bertambah empat orang. Mereka adalah satu berasal dari Bandarlampung dan tiga lainnya dari Lampung Selatan (Lamsel).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, mengungkapkan identitas dan riwayat keempat pasien positif Corona yang sembuh tersebut.

“Keempat pasien ini sudah menjalani perawatan dengan baik. Satu berasal dari Kota Bandar Lampung (Balam) dan tiga lainnya asal Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel),” ujarnya melalui keterangan pers video di WhatsApp Group (WAG) info resmi ‘Covid-19 Provinsi Lampung, kemarin.

Dijelaskan, pasien yang sembuh pertama yaitu nomor 30, atas nama Ahmad Rusli, laki-laki, usia 65 tahun, alamat di Bandar Lampung.
“Kemudian, pasien nomor 34, atas nama Saifuddin, laki-laki usia 48 tahun, alamat Lampung Selatan,” terang Reihana, ysng juga kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung itu.

Selanjutnyan, pasien nomor 35, atas nama Budi Audah, laki-laki usia 42 tahun, beralamat di Lampung Selatan dan pasien nomor 36, Saimin, laki-laki, usia 47 tahun, juga beralamat di Lampung Selatan.
“Selain itu, untuk pasien dalam pengawasan atau PDP juga ada penambahan sebanyak empat orang,” ujar Reihana..

Keempat PDP ini, lanjut dia, tiga orang berasal dari Lampung Tengah dan satu dari Lampung Timur.

Sementara, untuk hasil tracing pasien nomor 50 hingga, hari ini tim surveilans sedang melakukan anamnesis yang mendalam.

Anamnesis adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan antara dokter sebagai pemeriksa dan pasien.

Tujuannya untuk mendapatkan informasi tentang penyakit yang diderita dan informasi lainnya yang berkaitan, sehingga dapat mengarahkan diagnosa penyakit pasien.

“Pasien nomor 50 ini tidak pernah keluar kota, karena mengalami penyakit di bagian tulang, sehingga beberapa tahun ini sudah sulit untuk bergerak,” jelas Reihana.

Namun sebelum dirawat, pasien pernah pernah melakukan urut dengan dua orang yang berbeda dan juga pernah dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Lampung Selatan.

“Saat ini kita juga akan men-tracing kedua tukang urut yang pernah melakukan kontak dengan pasien nomor 50 ini,” kata Reihana.

Dalam dua hari terakhir, Lampung termasuk wilayah nihil kasus positif Covid-19 baru. Kumulatif kasus positif masih di angka 50 orang. Namun terdapat penambahan 4 pasien dalam pengawasan (PDP), yaitu 3 warga Lampung tengah dan 1 warga Lampung Timur.

Kumulatif PDD hingga saat ini sebanyak 81 orang, 19 di antaranya masih dirawat, 49 telah sembuh, dan 13 meninggal dunia. Sementara orang dalam pengawasan sebanyak 3.243 orang. Yaitu 558 orang masih dipantau, 2.684 telah selesai pemantauan 14 hari, dan 1 orang meninggal dunia. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *