43 views

PAN Raih Rekor MURI

// Gelar Rakernas Partai Politik Virtual Pertama di Indonesia //

Bandarlampung – Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) melaksanakan rapat kerja nasional (Rakernas) I PAN tahun 2020, kemarin. Rakernas secara virtual yang dilakukan pertama kali dan mendapatkan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) itu diikuti oleh pengurus DPP, DPW dan DPD PAN se-Indonesia.

Rakernas yang digelar secara daring akibat pandemi COVID-19 itu mengangkat tema ‘Bersatu untuk Kemanusiaan dan Kebersamaan Mendukung Indonesia Maju’ dan dibuka oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Serta dihadiri para tokoh senior PAN seperti Sutrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Drajad Wibowo. DPW PAN berikut DPD PAN se-Lampung juga turut mengikuti Rakernas tersebut.

Salah satu agenda utama yang dibahas dalam Rakernas adalah berbagai opsi kebijakan untuk menangani pandemi covid 19. Zulkifli Hasan menegaskan kebijakan kesehatan harus menjadi “panglima” dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Karena, jika kita gagal menghentikan penyebaran virus dan atau merawat pasien COVID-19, wabah akan membesar dan angka PDP bahkan kematian niscaya meningkat,” kata Zulkifli Hasan dalam sambutannya.

Wakil Ketua MPR ini mendorong agar pemerintah berinvestasi dalam penemuan dan produksi obat serta vaksin. “Jika Indonesia menunggu negara lain menemukan obat dan vaksin, kita harus menunggu bertahun-tahun sampai ada surplus obat dan vaksin. Ini membuat Indonesia lemah dari sisi kesehatan, sosial, ekonomi, politik dan hankam dibanding negara yang memiliki obat dan vaksin,” tegasnya.

Zulkifli Hasan percaya, Indonesia memiliki kemampuan iptek yang memadai dalam upaya menemukan dan memproduksi obat serta vaksin. “Kita wajib menyehatkan mereka yang sakit dan mencegah agar yang sehat tidak jatuh sakit, termasuk para pahlawan medis kita yang berada di garda terdepan pemberantasan Covid 19 agar tetap sehat dan semangat memperjuangkan misi kemanusiaan yang sangat penting ini,” tutup Zulhas.

Terkait anugerah dari MuRI, Zulkifli Hasan mengaku sangat bersyukur serta berterima kasih bisa mendapat rekor MuRI. “Terimakasih banyak Pak Jaya Suprana atas Museum Rekor Indonesia. Sekali lagi ini tentu memberikan tanggung jawab PAN selalu dan tidak ada tawar-menawar selalu berpihak kepada rakyat, Pak,” kata Zulhas.

“Kami semua berasal dari rakyat, maka seluruh perjuangan kami untuk seluruh rakyat Indonesia,” ujar Zulkifli Hasan.

Terpisah, Ketua DPW PAN Lampung Irfan Nuranda menyampaikan, rakernas ini adalah forum penting bagi partai yang bertujuan untuk menjabarkan hasil kongres dalam bentuk program kerja, menetapkan pedoman kerja partai yang diamanatkan AD/ART, merumuskan dan menetapkan kebijakan dan program pemenangan pemilu serta merumuskan rekomendasi kebijakan partai ke depan.

Rakernas I PAN ini, sambungnya, dirumuskan langkah-langkah yang diambil partai dalam menghadapi dinamika perpolitikan tanah air. “Tadi di bahas mengenai kebijakan partaiterkait Pileg 2024, juga terkait pilkada serentak mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Sekretaris DPW PAN Lampung Bidang Informasi Publik, Naufal A. Caya, menambahkan, pelaksanaan rakernas kali ini merupakan terobosan teknologi dan tanpa kendala dapat berjalan dengan sukses. Terlebih lagi rapat ini tercatat sebagai rapat kerja nasional politik pertama di dunia yang dilaksanakan secara daring.

“Insya Allah, meski dilaksanakan jarak jauh rapat ini tidak mengurangi esensi dan tidak mengurangi kualitas hasil yang telah dirumuskan bersama,” tutupnya. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *