43 views

MASYARAKAT TUBA MULAI MERASAKAN MANFAAT 25 PROGRAM BMW

//Berbagai Upaya dan Kerja keras Bupati Tuba Winarti Dalam Mensejahterakan Masyarakatnya Berbuah Maksimal//

Tulangbawang – 25 Program Unggulan Bupati Tulangbawang Hj.Winarti, SE mulai dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat Tulangbawang. Berbagai program yang telah dirasakan manfaatya tersebut dikucurkan melalui kegiatan dari masing-masin OPD yang bersinergi dengan program pemerintah pusat yang berdampak pada kesejahteraan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Dalam berbagai kesempatan Bupati Tulangbawang yang akrab dipanggil Bunda selalu melakukan koordinasi dan memonitoring pelaksanaan program dan kegiatan yang pro rakyat dengan berbagai cara diantaranya turun langsung ke tengah -tengah masyrakat dan aparatur Kampung untuk memastikan seluruh program yang dilaksanakan tepat sasaran dan berjalan sesuai dengan harapan seperti yang telah dilakukan dibeberapa kecamatan antara lain dibanjar margo, menggala timur dan akan diteruskan hingga 15 kecamatan.

Di Tahun 2020 dimana tahun ke-3 kepemimpinan Win-Hen, 25 Program Unggulan Bupati Tulangbawang dengan jargon Bergerak Melayani Warga (BMW) akan terus ditingkatkan  dan direalisasikan ditahun 2020 agar masyarakat Tulangbawang dapat menikmati manfaat dari program pro rakyat, ujar Winarti.

Bidang Kesehatan Pemkab Tulangbawang, lanjut Winarti, turut meningkatkan pelayanan kesehatan diantaranya pengadaan ambulance gratis sebanyak 54 Unit yang tersebar dibeberapa kampung dan telah terealisasi pada tahun 2018- 2019 dan ditahun 2020 direncanakan akan dilakukan penambahan sebanyak  50 Unit , peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak serta pemberian tunjangan khusus tenaga medis bidan desa dan kader posyandu dan akan terus berjalan ditahun 2020.

Selanjutnya dalam rangka pembinaan keagamaan pemerintah daerah kabupaten setempat setiap tahun telah merealisasikan perjalanan rohani bagi masyarakat Tulangbawang yang teridir dari perjalanan Umroh sebanyak 100 orang, ziarah ke makam Wali songo 95 orang, perjalanan ke Tirtayasa 44 orang, perjalanan ke India 20 orang dan perjalanan ke  Yerusalem 6 orang dan akan terus berlanjut di tahun 2020.

Winarti juga menjelaskan pada bibidang pendidikan Pemerintah daerah setempat telah melakuka peningkatan kapasitas tenaga pendidik dengan diberikan bantuan laptop pada tahun 2019 untuk sekolah dan guru hingga dengan 1000 unit, ditahun 2020 Dinas pendidikan direncanakan akan merealisasikan leptop kembali sebanya  1100 unit  untuk guru SD, SMP dan bagi guru PAUD.

Dinas pendidikan juga telah memberikan tambahan makanan berupa susu dan telur bagi siswa/i, serta memberikan bantuan beasiswa bagi siswa miskin berprestasi.

Pemeritah daerah kabupaten Tulangbawang telah memberikan bantuan bedah rumah bagi masyarakat miskin yang sampai dengan akhir 2019 telah teralisasi sebanyak 960 rumah, yang didanai melalui APBD dan APBN, untuk mewujudkan Tulangbawang terang benderang hingga saat ini tinggal 18 Kampung yang sedang dalam proses penyambungan jaringan listri.

Dimana pada Tahun ke-2 di Pimpin Bupati perempuan pertama di Kabupaten Tulangbawang ini, juga telah merealisasikan kendaraan bermotor bagi TNI-Polri Bhabinsa – Bhabinkamtibmas.

Untuk Kepala Dusun diberikan kendaraan bermotor jenis bebek dengan transmisi manual, agar gesit memudahkan Aparatur Kampung saat jemput bola menemui masyarakat dan menjalankan instruksi Kepala Kampung yang berkaitan dengan 25 program unggulan pro-rakyat

Baru – baru ini telah direalisasikan salah satunya program bantuan sosial bagi Lansia dan penyandang disabilitas di Kabupaten Tulangbawang.yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tulangbawang Winarti, Senin 4 Mei 2020 bertempat di Bank Lampung Menggala.

“Kami memberikan perhatian besar kepada masyarakat saudara-saudara kita yang membutuhkan, termasuk Lansia dan penyandang disabilitas. Sesuai program BMW. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, dan berguna bagi masyarakat. Apalagi saat ini masyarakat tentu sangat membutuhkan ditengah dampak Covid 19,” kata Bupati Winarti.

Bantuan yang direalisasikan tersebut antara lain sejumlah untuk 1.079 orang Lansia dan Disabilitas di Tulangbawang.
Dengan rincian Lansia sebanyak 972  orang memperoleh masing-masing sebesar Rp. 600.000,- dari jumlah bantuan perbulan Rp. 100.000,- dikali jangka waktu 6 bulan. Kemudian Bantuan Disabilitas sebanyak 107 orang memperoleh masing-masing Rp. 1.200.000,- dari jumlah perbulan Rp.200.000,- dikalikan 6 bulan.

Bantuan diberikan melalui transfer langsung ke rekening penerima bantuan, bekerjasama dengan PT. Bank Lampung, Menggala.

Kepala Bappedalitbang Dicky Suratman dalam kesempatan yang lain menyapaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulangbawang berkomitmen untuk terus mendukung percepatan 25 program unggulan, Dicky berharap kerjasama dan peran serta dari seluruh OPD dan masyarakat Tulangbawang sehingga  25 Program unggulan yang telah dicanangkan dapat terealisasi, sehingga berdampak pada kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Tulangbawang secara bertahap, ujarnya. (Adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *