160 views

Masuk Pertengahan Mei Dan Sudah Mau Lebaran, Satupun Masyarakat Tuba Belum Terima BLT

TULANGBAWANG – Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat di Kabupaten Tulangbawang belum dibagikan meski telah masuk pertengahan bulan Mei 2020 Masehi dan H-13 hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

 

Baik BLT dari Kementerian Sosial maupun BLT dari Dana Desa di 151 Kampung dan Kelurahan di Kabupaten Tulangbawang belum tersalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima.

BLT kepada rumah tangga miskin itu akan diberikan karena dampak pandemi covid-19. Per bulan, rumah tangga miskin yang memenuhi kriteria akan mendapatkan Rp 600.000 selama 3 bulan sejak April hingga Juni 2020.

Namun meski sudah memasuki pertengahan bulan Mei, belum satupun masyarakat Tulangbawang yang telah mendapatkan BLT baik dari Dana Desa maupun Kementerian Sosial.

Berdasarkan data dari Pemkab Tulangbawang melalui Bappeda Litbang, sebanyak 28.000 Kepala Keluarga di Kabupaten Tulangbawang akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial.

Sementara untuk BLT Dana Desa hingga saat ini pendataan belum rampung dilakukan. Belum diketahui angka pasti berapa kelurga miskin yang akan mendapatkan BLT dari dana desa pada 151 Kampung dan Kelurahan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Kabupaten Tulangbawang Yen Dahren, saat dikonfirmasi belum dapat memberikan angka pasti jumlah penerima BLT di daerah berjuluk sai bumi nengah nyappur.

“Belum semua kampung menyampaikan hasil musyawarah kampung berkaitan dengan APBKam Perubahan 2020 termasuk BLT,” katanya, Senin (11/05/2020).

Yen Dahren mengatakan, data sementara BLT dari dana desa mencapai 11.369 kepala kelurga dari 137 kampung yang sudah melaksanakan musyawarah kampung.

Beberapa kepala kampung saat dikonfirmasi, dalam pendataan BLT dari dana desa mengaku menunggu realisasi BLT dari Kementerian sosial.

“Masih menunggu data BLT dari Kementerian Sosial agar datanya tidak bertabrakan. Sementara hingga saat ini data fix BLT dari Kementerian juga belum kita dapatkan,” terang salah satu Kepala Kampung di Tulangbawang. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *