28 views

Komisi IV Minta Dinsos Berikan Data Valid Penerima Bansos

TULANGBAWANG – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tulangbawang Holil, menyayangkan dengan data yang dimiliki oleh Dinas Sosial Tulangbawang berkaitan dengan Bantuan Ssosial (Bansos).

 

“Saat kami mintai data saat rapat dengar pendapat Komisi IV, Dinas sosial hanya memiliki data serapan paket sembako dari APBD 2020 secara global pada 15 Kecamatan,” terang Holil, Sabtu (16/05/2020).

Namun, lanjutnya, data yang diberikan oleh Dinsos ini berbeda dengan data yang dirilis dari Diskominfo atau yang diberitakan oleh media massa.

“Berdasarkan data yang diberikan oleh Dinas Sosial kepada komisi IV DPRD, jumlah paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat dari APBD hanya berjumlah 19.698 yang tersebar pada 15 Kecamatan. Sementara data dari Diskominfo atau yang diberitakan yakni 27.000 paket sembako,” bebernya.

Politisi PAN ini menilai, Dinas Sosial tidak memiliki data yang valid atau sengaja menutup-nutupi data sebenarnya terkait bansos baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

“Kami akan minta data berdasarkan by name dan by address seluruh penerima bansos dari PKH, BPNT, BST, Prakerja, Paket Sembako Presiden, paket sembako dari provinsi dan paket sembako dari kabupaten. Termasuk BLT dana desa akan kita minta datanya,” jelasnya.

Hal ini menurutnya, guna mengetahui bantuan itu sampai pada sasaran dan tepat sasaran. “Jangan sampai ada terdapat tumpang tindih bantuan. Karena saat ini kami sudah banyak mendapat laporan adanya bantuan yang tumpang tindih dan tidak tepat sasaran,” tandasnya. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *