28 views

Gunakan APD Lengkap, Petugas Puskesmas Tuba I Evakuasi Gelandangan Pingsan Di Pasar Unit II

TULANGBAWANG – Tim gerak cepat Covid-19 Puskesmas Tulangbawang I mengevakuasi pengunjung yang pingsan di pasar unit II, Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya (DWT Jaya), Kecamatan Banjaragung, Kabupaten Tulangnawang, Senin (18/05/2020).

 

Saat pengunjung itu pingsan di tengah pasar terbesar di daerah berjuluk sai bumi nengah nyappur itu, tidak ada warga atau pengunjung pasar yang berani mendekat untuk memberikan pertolongan.

Tim gerak cepat Covid-19 Puskesmas Tulangbawang I dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap mendatangi lokasi dan langsung memeriksa keadaan orang yang pingsan.

Kepala Puskesmas Tulangbawang I Arman Jaya mengatakan, pihak puskesmas mendapat laporan dari pengurus pasar Unit II bahwa ada seseorang pingsan di pasar pasar modern itu.

“Tidak ada satupun orang yang berani mendekat. Untuk itu tim gerak cepat Covid-19 Puskesmas Tulangbawang I turun langsung ke pasar dengan APD lengkap untuk melakukan evaluasi dan penanganan medis,” terang Arnan Jaya.

Setelah diperiksa, lanjutnya, ternyata tekanan darah orang itu rendah, dan suhu tubuhnya agak tinggi. Setelah ditelusuri orang tersebut ternyata gelandangan.

“Demi kemanusiaan segera kita evakuasi dan di bawa ke ruang perawatan puskesmas untuk mendapat penanganan medis,” jelasnya.

Gelandangan itu juga dilakukan rapid test guna mengetahui apakah terpalar Covid-19. Dari rapid test yang dilakukan hasilnya non reaktif Covid-19.

“Hanya saja sepertinya kelaparan. Langsung kita berikan makan dan minum langsung sehat kembali,” tandasnya. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *