22 views

Gerindra Optimis Koalisi 3 Parpol, Demokrat Belum Tentukan Pilihan

Bandarlampung – Partai Gerindra menyatakan optimis bakal membangun koalisi tiga partai politik (parpol) di pilkada Lampung Selatan (Lamsel). Hal itu menyusul kabar kandidatnya, Hipni yang sudah mendapat dukungan Partai Gerindra juga mendapat dukungan dari PAN.

Bahkan, Hipni juga tengah intens membangun komunikasi dengan Partai Demokrat untuk bergabung koalisi dengan Partai Gerindra.

Ketua DPC Gerindra Lampung Selatan, Fahrurozi mengatakan, setelah rekomendasi yang dikeluarkan oleh Gerindra, Hipni diketahui juga mendapatkan dukungan dari ketua umum PAN, Zulkifli Hasan.

Selain itu, Hipni saat ini juga tengah mendekati parpol lainnya, yakni Partai Demokrat. “Dan komunikasi ketiga parpol ini cukup bagus. Makanya saya optimis di pilkada Lamsel, kita akan bangun koalisi tiga parpol,” ujarnya, belum lama ini.

Lanjutnya, dalam mengeluarkan rekomendasi yang masih tunggal ini, Gerindra tidak memaksakan kadernya untuk mendampingi Hipni di pencalonan. “Kita, Partai Gerindra hanya memiliki kepentingan untuk mengusung pasangan calon kandidat pemimpin di Lampung Selatan yang memiliki visi dan misi membangun Kabupaten Lampung Selatan menjadi lebih baik lagi, calon pasangan pemimpin tidak boleh berjalan sendiri – sendiri,”: jelasnya.

Terpisah, bakal calon bupati Lamsel, Hipni membenarkan dirinya terus membangun komunikasi politik dengan parpol lainnya. Salah satunya Partai Demokrat. “Komunikasi saya dengan Demokrat cukup bagus. Tapi karena pandemi Covid-19 ini, komunikasi jadi terhambat,” ucapnya.

Disisi lain, Ketua Bidang OKK DPD Partai Demokrat Lampung, Levi Tuzaidi menegaskan jika partainya sampai saat ini belum menentukan arah dukungan kandidat untuk pilkada Lamsel. Meskipun, tersiar kabar partai bintang mercy ini bakal mendukiung Hipni.

Dikatakannya, sampai saat ini pihaknya belum mengusulkan nama-nama bakal calon kepala daerah (balonkada) ke DPP, termasuk pilkada Lamsel. “Kata siapa? (dukung Hipni) Kita survey saja belum. Kalau belum survey, usulan rekom ke DPP jg pasti belum,” tegas Sekretaris penjaringan balonkada Partai Demokrat Lampung ini.

Dirinya juga mengungkapkan, keputusan rekomendasi sepenuhnya wewenang DPP. “Dan kita di daerah (DPD dan DPC) hanya bisa mengusulkan kepada DPP. Keputusan akhirnya ada di DPP,” ucapnya.

Disampaikannya, masih ada beberapa proses yang belum ditempuh dalam penjaringan balonkada Partai Demokrat sampai nantinya keluar rekomendasi. “Belum lah (rekomendasi), masih jauh dinda. Masih ada beberapa proses yang blm ditempuh,” terangnya.

Lanjutnya, saat ini pihaknya masih menunda proses penjaringan pada tahapan penyampaian visi misi balonkada. Hal itu dikarenakan partainya tengah fokus melawan wabah Covid-19.

“Kita break (tunda tahapan penjaringan). Karena (waktu itu sedangan) persiapan kongres. Setelah kongres udah musim covid19, jadi ditunda prosesnya. Lagian pilkada kan juga ditunda,” jelasnya.

Lebih lanjut, partainya akan melanjutkan tahapan penjaringan pada tahapan survey balonkada. “Setelah itu baru kita buatkan usulan rekom ke DPP. Tapi ini belum tahu kapan dimulainya. Karena situasinya masih seperti ini,” tukasnya.

Diketahui, dukungan sejumlah partai politik kepada bakal calon bupati Lamsel Hipni mulai bermunculan. Setelah mengantongi dukungan Gerindra, kader Partai Golkar ini juga mendapat angin segar dari PAN. Teranyar, Partai Demokrat juga dikabarkan hampir mendukung Hipni. (cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *