35 views

Dampak Covid-19, Semua Bentuk Layanan di Pengadilan Agama Krui Ditutup

Lampung Barat – Setelah adanya pandemi Covid-19 beberapa bulan ini semua bentuk layanan di Pengadilan Agama Krui ditutup untuk sementara.

Sekretaris Pengadilan Agama Krui, Agung Noordiansyah mengatakan, akibat Covid-19 beberapa langkah kebijakan dilakukan untuk mendukung dan melaksanakan penanganan pencegahan menyebarnya Covid-19.

“Sesuai prosedur dari pemerintah, dua tingkatan teratas harus standby di kantor, dan dua tingkatan teratas yang ada di kantor PA ini ada Empat pilar yakni Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Panitera, dan selain Empat pilar ini saat ini sudah Work From Home atau kerja dari rumah,” ujar Agung, Selasa (5/5/2020).

Lebih jauh, Agung mengungkapkan, ditengah pandemi Covid-19 saat ini, terkait pelayanan terhadap masyarakat khususnya untuk produk seperti akta cerai dan salinan putusan bahkan sampai ke pendaftaran semua ditutup.

“Kecuali E-Court yakni pendaftaran melalui online dengan menggunakan jasa pengacara yang sudah terdaftar, semua pelayanan yang mengharuskan tatap muka sudah ditutup, sedangkan bagi yang sudah terlanjur mendaftar sebelum diberlakukan social distancing tetap akan di sidang namun dengan memberlakukan prosedur pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Adanya penutupan pelayanan tatap muka ini menurut Agung diperkirakan mempengaruhi angka permintaan perceraian di Lampung Barat.

“Sejak diberlakukan penutupan pelayanan secara langsung Maret lalu, permintaan perceraian menurun, bahkan dalam jangka waktu dua bulan, Maret dan April permintaan tidak sampai 10 kasus,” jelas dia.

Sehingga, tutur Agung, karena angka perceraian menurun, sehingga seakan merupakan salah satu hikmah dibalik mewabahnya Covid-19 ini.

“Mudah-mudahan ini salah satu hikmah dibalik mewabahnya Covid-19 ini,” pungkasnya. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *