57 views

Warga masyarakat Pekon Kunyayan swadaya perbaiki jalan desa

 

Tanggamus- Warga masyarakat Pekon Kunyayan Kecamatan Wonosobo, Tanggamus bergotong royong dengan swadaya memperbaiki jalan yang rusak. Dimana, jalan tersebut adalah akses menuju Dusun empat, perkebunan milik warga Pekon setempat.

Menurut Baharem, tokoh masyarakat setempat, bahwa jalan Hamsalak ini merupakan akses utamabagi masyarakat setempat, yang menjadi menjadi bagian dari roda perekonomian warga, karenakarena  masuknya hasil bumi milik warga, sepeeti kopi, lada, kakau ataupun jika swdang musim buah-buahan.

Khususnya lanjut dia, hasil bumi yang saat ini sedang berjalan adalah pepaya kalifornia, namun masyarakat kesulitan menjual hasil panennya dikarenakan jalan seusah dilaluai kendaraan bermotor. Sedangkan jasil daridpane pepaya kalifornia tersebuttdiperkirakan, mencapai puluhan ton dalm perhari.

“Melihat ramainya penguna jalan, kami berinisiatip mengumpulkan iuran, memperbaikinya dengan mengecor badan jalan secara bergotong royong, dimana jalan ini merupakan yang notabene nya adalah jalan kabupaten yang hingga kini belum mendapatkan perhatian dari Pemkab atau Dinas terkait pekerjaan umum (PU). Jalan ini jalan Kabupaten, jadi gak bisa dibangun mengunakan angaran Dana Desa,” terang b

Baharem.

Menurtutnya, masyarakat sudah pernah mengajukan proposal pembangunan jalan tersebut ke Pemkab Tanggamus, tapi sampai sekarang belum terealisasi. “Kami berharap kepada Pemkab Tanggamus untuk memperhatikan dan membangun jalan ini,” harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan, Nurmansyah, warga setempat mengatakan, setiap hari kami membawa keluar barang hasil bumi, sementara tanjakan ini sulit untuk dilalui karena jalannya rusak. “Karena itu kami warga khususnya penguna jalan ini, bergotong royong mengecor badan jalan tersebut,” pungkasnya. (Gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *