28 views

Operasi Makan Gratis (OMG) untuk Masyarakat Prasejahtera di Panjang Utara

Bandarlampung – ACT Lampung meluncurkan program Operasi Makan Gratis (OMG) pada Selasa (14/4) dan masih berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Program ini merupakan respons atas dampak pandemi Covid-19 secara sosial ekonomi. Selain memangkas penghasilan para pekerja harian, pandemi Covid-19 membuat sejumlah pengusaha warung makan di Bandar Lampung merumahkan karyawannya karena tidak sanggup memberi upah.

Pada awal peluncuran, Operasi Makan Gratis ACT Lampung menggandeng Warung Nasi Iban yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso Kelurahan Panjang Utara Kecamatan Panjang dengan menyiapkan menu ayam sayur semur, telur sambal, ikan tongkol sambal, Cumi asin, sayur kacang panjang dan air mineral. Rumah makan milik Bu Gerry ini akan menyediakan 50 porsi setiap hari selama sepuluh hari.

Menurut Kepala Program ACT Lampung Regina Locita Pratiwi Teknisnya para penerima manfaat menerima kupon kebaikan untuk memperoleh seporsi makanan. Kupon tersebut sebelumnya sudah dibagikan relawan kepada para pekerja informal di daerah Panjang Utara.

“Cukup dengan membawa kupon yang sudah disiapkan oleh relawan, nanti mereka langsung datang ke warung dan mengantre untuk mengambil makanan. Tetap sesuai imbauan, makanan yang dibagi akan dibawa pulang. Kita sudah siapkan dalam bentuk kemasan,” jelas Regina.

Mardi (60), salah satu penerima manfaat yang berprofesi sebagai pengendara becak, mengaku sangat bersyukur dengan program Operasi Makan Gratis. Di tengah kondisi seperti ini, Mardi hanya mendapatkan penghasilan dibawah 50rb per hari. Penghasilan tersebut digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Saat ini ketiga anaknya tengah merampungkan belajar di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Alhamdulillah makanan ini saya bawa pulang nanti makan bareng keluarga di rumah, uang yang saya dapat bisa untuk kebutuhan yang lain,” ujarnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *