41 views

Jalan terendam banjir, Sritanjung wajib Rigit Beton

Mesuji-tingginya intensitas Hujan ahir-ahir ini dikabupaten Mesuji mulai berdampak dengan tergenangnya pemukiman warga bahkan hingga beberapa ruas jalan utama Kabupaten setempat.

Seperti yang terjadi di Desa Sritanjung, Kecamatan Tanjung Raya, Bahkan akibat terendam banjir akses warga desa sempat terhenti karena jalan tidak dapat di lalui penguna jalan.

Menurut Kepala Desa Sritanjung Mat Kalu,banjir diakibatkan luapan Aliran Sungai Mesuji yang cukup deras hingga berakibat arus sungai yang besar dan  tidak sebanding dengan saluran pembuangan aliaran sungai yang ada,karena mengalami penyempitan dan pendangkalan.

Akibatnya air meluap dan membanjiri pemukiman warga,Komplek Rumah bantuan pemkab mesuji Pembagunan Rumah Layak Huni (Barulahu),hingga jalan.

“Saluran Primer air yang tidak lancar juga menjadi penyebab utama banjir tahunan ini, sebenarnya, Pemda Mesuji melalui Dinas PU selalu melakukan upaya untuk menangani hal ini dengan mengirimkan alat berat untuk mengatasi masalah banjir,” ucapnya

Jadi menurut Mat Kalu agar jalan kabupaten yang ada di desanya tidak terus terendam banjir,  solusinya adalah jalan Kabupaten dibangun Rigid Beton dan ditambah lagi jembatan untuk memperlancar saluran kejadian tahunan ini tidak selalu terulang.

“solusi kongkritnya adalah, bagunan jalan Rigit beton,lebih tahan lama, tahan banjir dan tidak melakukan perbaikan setiap musim hujan, dan nomalisasi kanal serta perbaikan jembatan atau gorong-gorong yang ada,”pinta Mat Kalu,usai mendampingi camat Tanjung raya I Komang Sutiaka dan Kapolres Mesuji melihat lokasi Banjir rabu(1/4).(apr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *