28 views

IDI Way Kanan Perduli Corona, Bagikan 1.500 Masker Untuk Warga Berstatus OTG dan ODP

WAY KANAN.Sebagai bentuk keperdulian dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Way Kanan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat, membagikan sebanyak 1.500 Masker Gratis untuk Warga yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pantauan (ODP).

Masker tersebut telah dan akan dibagikan secara bertahap melalui seluruh Puskesmas yang ada di Way Kanan.

Hal itu disampaikan oleh Pj Ketua IDI Cabang Way Kanan Dr. Yunita Putri, MMR,. Kepada media ini saat dikonfirmasi via telepon, Senin malam (06/04/20).

“Ini murni bentuk kepedulian dan keseriusan Frofesi kami dalam pencegahan Covid-19. Dengan keterbatasan yang ada alhamdulillah seluruh Dokter yang tergabung dalam IDI Way Kanan sepakat untuk membeli dan membagikan Masker Gratis untuk Warga khususnya yang berstatus OTG dan ODP,” ujar Dr. Putri.

Menurutnya, Pembagian Masker ini juga berdasarkan dukungan dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO) dan Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan yang kini mengharuskan penggunaan masker untuk semua orang di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

“WHO menyatakan masker bedah harus disediakan untuk petugas medis, sementara masyarakat bisa menggunakan masker berbahan kain untuk menutup wajah. Oleh karena itu kami IDI Way Kanan bergerak secara bertahap membagikan Masker melalui Puskesmas,” terang Dr. Putri.

Selain itu, Dr. Putri juga menjelaskan, gerakan pembagian Masker ini juga berdasarkan Surat Edaran Pengurus Besar IDI Pusat bahwa IDI juga diharuskan memiliki Satgas untuk Penanganan Covid-19 di Daerah.

“Yang kebetulan dalam Satgas yang telah kami bentuk ini terdiri Perwakilan dari 20 Puskesmas serta Perwakilan beberapa Rumah Sakit Umum dan Swasta yang ada di Kabupaten Way Kanan,” jelasnya.

Dalam Pencegahan Covid-19 ini, Dia juga menghimbau kepada Masyarakat agar dapat bersama sama mencegah terjadinya penyebaran Wabah Virus Corona. Dengan cara menjalankan pola hidup sehat serta mematuhi apa yang telah menjadi anjuran pemerintah.

“Masyarakat nggak perlu panik tapi harus tetap Waspada. Maka dari itu saya menghimbau dan mengajak kepada masyarakat agar bersama sama mencegah terjadinya penyebaran Wabah Virus Corona khususnya di Kabupaten Way Kanan dengan cara mengikuti apa yang telah menjadi anjuran Pemerintah,” pungkasnya. (Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *