41 views

Dinyatakan Sembuh, Satu Pasien Corona Dibolehkan Pulang

Bandarlampung – Salah satu pasien positif Corona Disease 2019 (Covid-19) di Lampung yang dinyatakan sembuh sudah diperbolehkan pulang, kemarin. Adalah pasien nomor 03 berjenis kelamin laki-laki berusia 35 tahun yang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM).

Berdasarkan video yang beredar, dia sempat berpesan kepada pasien positif yang lain untuk tetap semangat. Sehingga, bisa kembali pulang ke rumah.

“Alhamdulillah, sudah bisa pulang. Buat temen-temen yang kena, tetap semangat dan berjuang. Seperti saya sudah bisa pulang,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan pasien 03 sudah sembuh total. Sehingga diperbolehkan pulang. “Alhamdulillah, pasien nomor 03 sudah sembuh total,” ujar Reihana.

Sedangkan untuk pasien 01 yang juga dinyatakan sembuh, menurut dia, masih menjalani perawatan di RSUAM.

Diketahui, dua pasien yang dinyatakan sembuh dari coronavirus disease atau covid-19 di Lampung dijadwalkan segera dipulangkan ke rumah masing-masing. Namun ketika pulang, orang tersebut masih harus tetap melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Lampung, Reihana. Dia mengatakan sesuai data laporan covid-19 di Lampung dari 13 kasus yang terkonfirmasi positif, terdiri dari 9 orang masih dirawat/isolasi, 2 sembuh, dan 2 meninggal.

“Kemudian untuk pasien yang sembuh 2 orang. Satu orang akan keluar, sepertinya besok pagi. Sementara yang satunya masih ada di ruang perawatan RSUD Abdul Moeloek. Kami berpesan kepada yang akan pulang begitu sampai di rumah tetap melakukan karantina mandiri selama 14 hari ke depan,” katanya, kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung ini menjelaskan untuk 9 orang terkonfirmasi positif covid-19, kondisi kesehatan ada yang stabil dan ada juga yang menurun. Tapi dokter-dokter yang berada di ruang isolasi memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien yang masih dirawat di ruang isolasi.

Berdasarkan update situasi coronavirus disease atau covid-19 di Lampung periode data 18 Maret-5 April 2020 meliputi orang dalam pemantauan (ODP) ada 1.530 orang. Jumlah itu terdiri dari 1.179 orang dalam proses pemantauan dan 351 selesai pemantauan selama 14 hari.

Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) ada 37 orang, terdiri dari 15 orang masih dirawat di rumah sakit dan 4 orang diisolasi, dan 18 orang pulang/sembuh/negatif covid-19. Sementara kasus terkonfirmasi covid-19 ada 13 kasus positif terdiri dari 9 orang masih dirawat/isolasi, 2 orang sembuh, dan 2 orang meninggal.

Pihaknya juga terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada namun tidak panik, selalu mengikuti aturan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja. Selain itu, menjaga kesehatan, melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), gerakan masyarakat hidup sehat (germas) setiap hari serta mengikuti social distancing dan physical distancing. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *