36 views

BLT Dana Desa Dampak Corona Di Tuba Dalam Pendataan

TULANGBAWANG – Program Jaring pengaman sosial dana desa terdiri dari BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa, PKTD (Padat Karya Tunai Desa) dan Desa Tanggap Covid-19 di Kabupaten Tulangbawang dipastikan akan direalisasikan.
 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Kabupaten Tulangbawang Yen Dahren mengatakan, pemerintah 147 Kampung di Tulangbawang saat ini tengah melakukan pendataan dan musrenkam untuk merealisasikan BLT dari Dana Desa.

“Saat ini masing-masing pemerintah kampung sedang melakukan pendataan. Setelah itu akan dilakukan penyusunan APBKam dan dievaluasi segera diposting dan diajukan pencairannya untuk segera direalisasikan,” katanya, Selasa (21/04/2020).

Menurut Yen Dahren, BLT itu sebagaimana diamanatkan dalam  Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 6 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa, mengatur salah satunya mengenai jaring pengaman sosial dana desa.

“Sasaran penerima BLT dana desa adalah keluarga miskin non PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kartu Prakerja. Sasaranya yakni masyarakat yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exclusion error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis,” bebernya.

Yen Dahren menjelaskan, alokasi Dana Desa kurang dari Rp 800.000.000 mengalokasikan BLT-Dana Desa maksimal 25 persen dari jumlah Dana Desa. Selanjutnya Desa yang menerima Dana Desa Rp 800.000.000 sampai Rp 1.200.000.000 mengalokasikan maksimal 30, dan lebih dari 1.200.000.000 mengalokasikan 35 persen.

“BLT ini akan diberikan sebesar Rp.600 ribu perbulan selama tiga bulan. Rencananya mulai bulan April, Mei dan Juni,” jelasnya.

Terpisah Camat Banjaragung L.Fandhi Ahmad Zia mengatakan, saat ini pemerintah kampung di kecamatan setempat masih melakukan pendataan dan penyusunan APBKam perubahan.

“Saat ini sedang dalam proses untuk menindaklanjuti itu (BLT). Perlu dilakukan pendataan dan penganggaran di APBKam perubahan untuk bisa menganggarkan BLT Dana Desa tersebut,” jelasnya. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *