31 views

Zaiful Tiadakan Giat Seremonial, Nanang Liburkan Sekolah

Lampung Timur – Langkah antisipasi dilakukan dua kepala daerah di Provinsi Lampung terkait penyebaran virus corona yang sudah mewabah di Indonesia. Yakni Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari dan Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Dalam instruksinya, Zaiful menghimbau kepada seluruh jajaran Pemkab Lamtim hingga kecamatan untuk sementara meniadakan kegiatan yang bersifat seremonila dan mengumpulkan orang banyak.
Sementara Nanang instruksikan Dinas Pendidikan untuk meliburkan siswa sekolah tingkat PAUD, TK, SD dan SMP/sederajat selama 14 hari.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Lamtim, Muhammad Ridwan membenarkan terkait instruksi Bupati Zaiful Bokhari. “Instruksi lisan Bupati Lamtim itu sudah disampaikan Bagian Protokol ke para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lamtim,” kata dia, kemarin.

Dia menyebutkan instruksi lainnya yang dikeluarkan Bupati Lamtim, yakni PNS boleh bekerja dari rumah.

Sementara terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim, Mashur Sampurna Jaya, menjelaskan pada Senin (16/3) pihaknya akan melakukan rapat koordinasi terbatas dengan Bappeda, Dinas Kesehatan, dan RSUD Sukadana, dalam rangka membahas langkah-langkah antisipasi penyebaran virus corona tersebut.

Hasil dari rapat kordinasi terbatas itu kemudian akan dilaporkan kepada Bupati Lamtim dan selanjutnya akan dilakukan rapat besar untuk membahas langkah atau kebijakan antisipasi penyakit virus corona di Lamtim. “Kita berharap rapat besar yang akan dipimpin Bupati bisa terselenggara sesuai jadwal atau paling lambat Selasa (17/3),” jelasnya.

Terpisah, Sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Virus Covid-19 atau lebih familiar Virus Corona, Pemkab Lampung Selatan instruksikan Dinas Pendidikan meliburkan siswa sekolah tingkat PAUD, TK, SD dan SMP/sederajat selama 14 hari.

“Libur 14 hari tersebut terhitung mulai besok Senin (16/03/2020) sampai hari Sabtu (28/03/2020) untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19,” ujar Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.

Menurut Nanang, instruksi ini seesuai dengan intruksi Presiden Soal Pencegahan Covid-19 atau virus corona, mulai tanggal 16 – 28 Maret 2020, anak sekolah Lamsel dilibukan atau belajar di rumah.

Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Thomas Amirico membenarkan hal tersebut. Menurutnya, mulai besok surat edaran tentang libur sekolah akan mulai dibagikan. “Iya besok dibagikan,” kata Thomas.

Kendati begitu, pemberitahuan ke sekolah-sekolah melalui aplikasi pesan instant dan media sosial tetap dilakukan sejak malam ini.
“Artinya, pemberitahuan secara resmi mengenai instruksi Bupati baru besok (Senin) dibagikan ke sekolah-sekolah. Namun pemberitahuan via HP, WhatsApp dan Sosmed tetap jalan dari malam ini,” jelas Thomas. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *