127 views

Tawarkan Rokok di KTR, SPG Rokok Class Mild Ditangkap

Lampung Barat – 3 orang Sales Promotion Girl (SPG) PT. Nusa Abadi Yang menjual Rokok Merk Class Mild di Kawasan Tanpa Rokok (KTR) area komplek perkantoran Pemkab Lampung Barat di tangkap Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Lambar, Kamis (5/3).

Anggota SatpolPP Lambar Bidang Penegakan Perda dan Perbup  Melalui Tim Reaksi Cepat  (TRC) GAKDA Sigap dan mengamankan  SPG yang sedang menawarkan Produk Rokok.

Atas dasar Laporan dari Pegawai Pemda setempat anggota SatpolPP langsung meluncur dan mengamankan 3 orang SPG dan 1 orang Pimpinan Rombongan serta 1 orang Supir yang sedang melakukan penjualan dan mempromosikan Produk Rokok Class Mild di area terlarang.

Kasat PolPP Lambar Haiza Rinza mengatakan, tindakan SatpolPP tersebut didasari oleh Peraturan Perundangan undangan yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 1 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok, dijelaskan pada pasal 11 ayat 2 setiap orang di larang mempromosikan, mengiklankan, menjual dan atau membeli produk rokok dan/atau produk tembakau lainnya pada KTR.

“Setiap orang yang mempromosikan, mengiklankan, menjual dan /atau membeli Rokok ditempat atau area yang dinyatakan sebagai KTR sebagaimana dimaksud dalam pasal 11 ayat 2, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 7 hari atau denda paling banyak Rp.5.000.000. (lima juta rupiah),” ungkap Haiza.

Namun dikarenakan SPG tersebut belum mengetahui adanya aturan tentang KTR diLampung Barat dan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya, SatpolPP hanya memberikan peringatan 1 serta menandatangani Surat penyataan.

SPG diberi penjelasan dan pengarahan tentang Perda KTR dan untuk disampaikan kepada pimpinannya untuk diketahui agar tidak terulang lagi para karyawannya melakukan kesalahan dalam menjual produknya.

“Mari kita tegakan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat tentang Kawasan Tanpa Rokok, untuk melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya asap rokok, memberikan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat, bebas dari asap rokok dan membudayakan hidup sehat,” imbau Haiza.

“Laporkan adanya Pelanggaran Perda kepada Kami ke SatpolPP Kabupaten Lampung Barat ke nomor 0812 7266 6900,” tambah Haiza.

“Kami memberikan pelayanan terbaik untuk melindungi, mengayomi masyarakat dari gangguan Trantibumas,” pungkasnya. (Ton/Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *