20 views

Serukan Lawan Corona

Untuk mencegak terjangkitnya virus covid 19 atau Corona. Walikota Bandarlampung Herman HN, mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat serta senantiasa meningkatkan aktifitas fisik dengan cara rutin berolahraga.
“Saya himbau kepada masyarakat, bagaimana fisik kita kuat perbanyaklah olahraga agar kita kuat. Kalau kita kuat peyakit apa aja gak ke kita kalau kita banyak olehraga,” katanya saat ditemui di lingkungan Pemkot Bandarlampung, Selasa (3/3).
Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk rajin mengkomsumsi tumbuhan kurkuma seperti, jahe, kunyit, serai dan sejenisnya.
“Besok ada loncing “Gerakan Melawan Corona” untuk menguatkan badan ada 200 kantong kita bagikan geratis,”katanya.
Menurutnya, bahan tersebut mudah didapatkan dan biasa dikomsi sehari hari, untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir dengan mewabahnya virus covid 19 tersebut.
Untuk mencegah tersebut masyarakat cukup banyak berolahraga dan mengkomsumsi tumbuhan jenis kurkuma tersebut. “Ya semua itu kembali ke allah,” katanya.
Terkait kelangkaan dan mahalnya harga masker di pasaran baik apotek maupun di sualayan, Walikota Herman HN menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengunakan masker berlebihan.
Menurutnya Herman HN, pengunaan masker di saat saat tertentu saja, seperti saat melakukan pertemua, itu pun pertemuan tersebut jika jumlahnya lebih dari 500 oarang.
“Menurut dokter paru itu gak harus pakai masker semua, kalau kita melakukan pertemuan orang rame, 500 sampai 1000 oarang ya boleh pakai masker. Kalau begini begini gak perlu kan sehat semua,”katanya saat ditemui di lingkungan pemkot setempat, Selasa (3/3).
Dijelaksnya kembali, terinveksinya virus ke tubuh seseorang tergantung dengan fisik seseorang, semakin kuat fisik seseorang semakin kecil resiko terjangkit peyakit begitu pula sebaliknya.
Untuk itu masyarakat dihimbau untuk menigkatkan olahraga agar fisik semakin kuat.
“Sering sering olahraga, kalau kita sering olehraga tubuh kita kuat, gak gampang sakit,” katanya.
Terkait mewabahnya virus covid 19 saat ini, Herman HN meminta media untuk lebih cermat dalam meyampaikan pemberitaan, karena sebagian masyarakat kurang dalam mencermati informasi apa yag di terimanya.
“Masyarakat kita ini banyak yang kurang paham bangat jika di beritakan gak baik dianggap gak baik semua padalah baik negara ini,”katanya.
Sementara terpisah, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bandarlampung Eva Dwiana Herman HN ikut mengimbau masyarakat khususnya kaumperempuan dalam keluarga untu kmenjaga pola hidup sehat. Tujuannya agar terhindar dari penyakit, termasuk virus corona yang kini menjadi perhatian besar seiring adanya dua warga Depok, Jawa Barat, yang positif corona.
“Jaga polahidup sehat. Makan makanan yang sehat seperti sayuran, termasuk mulai rajin makan dan minum yang tradisional,” katanya.
Eva menjelaskan hidup sehat bukan berarti harus mahal. Dengan makanan dan minuman tradisional yang harga bahannya relative terjangkau, menurut dia, justru bermanfaat besar untuk mencegah penyakit.
“Jahe, temulawak, serai, itu kan banyak khasiatnya untuk kesehatan. Jadi, hidup sehat itu tidak harus mahal,” ujarnya.
Selain itu, Eva mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang sehat, kata Eva, sistem kekebalan tubuh akani kutterjaga.
“Besok (hariini) mari kita bersama-sama melakukan Gerakan Cegah Corona dengan cara hidup sehat. Launching-nya terpusat di Kecamatan Tanjungkarang Pusat, khususnya Kelurahan Kaliawi. Saya mengimbau masyarakat khususnya Kaliawi untuk ikut gerakan hidup sehat ini,” katanya. (edi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *