38 views

Pelantikan PPS se-Lampung Ditunda

Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada September 2020 menunda prosesi pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih.

Penundaan tersebut berdasarkan instruksi langsung dari KPU RI dalam surat edaran nomor 8 tahun 2020 dan keputusan nomor 179 terkait penundaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Ya, KPU kabupaten/kota menunda pelatikan PPS yang semula dijadwalkan hari ini. Penundaan ini sudah dikoordinasikan kepada KPU kabupaten/kota, kepada Bawaslu dan pihak lainnya di daerah Lampung,” kata Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami, Minggu (22/3).

Erwan menjelaskan, penundaan tersebut adalah langkah atau upaya pencegahan untuk meminimalisir penyebaran virus corona atau covid 19 di lingkungan KPU.

“Semoga kondisi endemi virus covid ini bisa segera tertanggulangi. Sehingga keadaan akan menjadi lebih membaik dan tahapan Pilkada dapat dilanjutkan kembali,” harap Erwan.

Selain pelantikan PPS, ada beberapa tahapan Pilkada lainnya yang juga ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Seperti menunda pelaksanaan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan yangbelum dilaksanakan; menunda pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih; menunda pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Terpisah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung menunda beberapa tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot), terkait pencegahan virus korona atau covid-19.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 179/PL-Kpt/01/KPY/III/2020 diantaranya, pelantikan panitia pemungutan suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan rekrutmen PPDP, serta pencocokan dan penelitian (coklit).

Ketua KPU Dedi Triadi mengatakan penundaan tersebut dikarenakan pencegahan virus korona yang sudah masuk bencana non alam. Semua stakeholder diminta untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

“Kampanye biasanya dilakukan secara ramai dan terbuka, tetapi dalam kondisi wabah korona seperti saat ini diharuskan menghindari kontak fisik atau social distancing,” ujarnya, Minggu (22/3).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansyah mengungkapkan pihaknya mengikuti apa yang menjadi instruksi dan ketentuan dari pusat, menyikapi wabah korona yang terjadi saat ini.

“Untuk informasi pelantikan PPS dan tahapan lainnya kita menunggu instruksi dari pusat. Kapan dan bagaimannya tahapannya,” kata dia. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *