25 views

Optimis Tumbangkan Agus

BANDARLAMPUNG – Setelah memantabkan berpasangan dengan Kherlani, Wakil Bupati Pesisir Barat Hj. Erlina menyatakan siap dan optimistis bisa menumbangkan petahana Agus Istiqlal pada pilkada 23 September 2020 mendatang. Ketua PKB Pesisir Barat ini juga berharap dan bersyukur didukung PDIP, Golkar, PKB, Gerindra dan PAN.

“Namanya orang maju pasti harus siap dengan segala hal. Termasuk melawan petahana. Kami siap dan yakin akan memenangkan pilkada Pesisir Barat untuk membagun Pesisir Barat lebih baik lagi,” ujarnya, kemarin.

Diakuinya, sudah ada perbincangan dengan Kherlani. “Kalau komunikasi kita sudah berlangsung lama. Kalau kami maju bersama, beliau jadi calon Bupati. Saya jadi wakilnya,” kata Erlina.

Di mata Erlina, Kherlani adalah sosok yang mumpuni untuk menjadi bupati di kabupaten setempat. Terlebih pengalamannya di dunia birokrat juga sudah tidak diragukan lagi. “Pak Kherlani pernah Plt Bupati Pesisir Barat, juga saya lihat Pak Kherlani sudah pernah merasakan jadi wakil walikota Bandarlampung. Kepampuannya bagus,” paparnya.

Selain dengan Kherlani, Erlina mengaku telah menjalin komunikasi politik dengan beberapa petinggi partai lain di kabupaten setempat. Termasuk juga dengan Partai Golkar. Bahkan sebelumnya, Kherlani dan Erlina telah mengikuti penjaringan partai berlambang pohon beringin itu. “Kita sudah berkomunikasi lama dengan ketua-ketua parpol yang ada di Pesibar,” ujarnya.

Selain dengan Golkar, beberapa parpol yang dimaksud: PDIP, PAN, Gerindra, PBB, dan Perindo. Erlina berharap, para parpol tersebut juga akan mendukungnya di konstelasi Pilkada yang akan dihelat pada September 2020 mendatang.

Sebelumnya, Pilkada Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hampir pasti akan head to head petahana Agus Istiqal melawan penantangnya Kherlani. Menariknya setelah dicerai Agus yang memilih mantan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat sebagai calon wakilnya, Erlina langsung ditangkap Kherlani. Kekuatan parpol yang akan mengusung pun bersaing ketat.

Menurut sumber Koran Editor yang juga petinggi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lampung bahwa Kherlani yang pernah menjabat Pjs. Bupati Pesisir Barat itu akan menggandeng Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina yang juga Ketua DPC PKB Pesisir Barat. Sementara untuk parpol yang akan mengusung duet Kherlani-Erlina adalah PDIP, Golkar, PKB, Gerindra dan PAN. “Insya Allah juga PBB dan Perindo,” ungkapnya.

Ditambahkan, mantan Wakil Walikota Bandarlampung periode 2005 – 2010 itu dan Erlina juga juga telah berkomunikasi secara intensif terkait banyak hal, terutama mendiskusikan soal pemenangannya.

Kherlani yang kini masih berstatus pejabat di lingkungan Pemprov Lampung, juga telah menyampaikan keinginannya untuk maju pilkada kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. “Dan Pak Gubernur menyambut baik. Ya mungkin karna ada kaitannya koalisinya diantaranya dengan PKB,” tandasnya.

Sementara itu Kherlani mengaku telah membangun komunikasi dengan PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Gerindra dan PAN serta mendapat respons yang cukup baik. “Iya betul, mohon doanya agar kami diusung partai-partai yang selama ini kami bangun komunikasi dengan baik,” ujarnya.

Kherlani pun mengaku siap dipasangkan dengan Erlina yang kini Wakil Bupati Pesisir Barat. “Soal wakil tentu itu ada diskusi diantara parpol yang akan mengusung kami. Saya sih siap-siap saja apa yang diputuskan parpol koalisi, termasuk kalau Bu Erlina,” ujar Kherlani.

Jika ini berjalan mulus, maka duet Kherlani-Erlina akan menantang petahanan Agus Istiqlal di Pilkada Pesisir Barat 2020. Meski demikian, secara pribadi Kherlani menganggap Agus Istiqlal sebagai seorang kakak.

Sejauh ini, kata Kherlani, hubungannya dengan Agus Istiqlal baik-baik saja dan tidak pernah ada persoalan apa pun. “Secara pribadi, hubungan saya dengan Pak Agus itu baik. Saya panggil dia udo (kakak). Saya tidak pernah punya persoalan dengan beliau,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal memastikan diri akan kembali bertarung dalam Pilkada Pesisir Barat 2020. Pasca menerima rekomendasi DPP Partai Nasdem pada 14 Maret lalu, incumbent Pesisir Barat ini langsung menggandeng pensiunan birokrat Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif sebagai pendampingnya.

Agus mengatakan Syarif merupakan mantan kepala BKD Pesisir Barat di periode pertama pemerintahannya. “Ya insya Allah Syarif akan mendampingi saya di Pilkada Pesisir Barat mendatang, dia mantan kepala BKD,” kata Agus Istiqlal.

Saat disinggung mengenai alasan dirinya memilih berpisah dengan wakilnya yang saat ini masih menjabat yakni Erlina, Ketua DPD NasDem Pesisir Barat ini menjelaskan semua di dunia ini tidak ada yang abadi. “Di dunia ini tidak ada yang abadi,” tandasnya.

Sementara itu, Zulqoini Syarif menyatakan siap untuk turut dalam kontestasi politik bersama Agus Istiqlal. Pasalnya, Zulqoini mengaku ingin berusaha bersama Agus Istiqlal untuk melanjutkan program-program yang ada di Pesisir Barat.

“Insya Allah saya siap jika diamanahkan mendampinginya. Awalnya kita sama-sama di Pesisir Barat, Pak Agus sebagai Bupati dan saya sebagai aparatur. Jadi kita saling mengenal,” ungkap Zulqoini.

Orang dekat Agus Istiglal menyampaikan bahwa jagoannya mendapat dukungan parpol sangat signifikan bukan sekadara cukup memenuhi syarat bisa mendaftar di KPU setempat. “ya diantaranya Nasdem dan yang lain saya belum waktunya sampaikan,” katanya. (cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *