38 views

Kantor SAR Lampung Gelar Pelatihan Potensi SAR

Lamsel – Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung menggelar pelatihan potensi SAR tahap I di Kantor SAR Lampung, Jumat (13/3). Kali ini, pelatihan mengambil materi teknik pertolongan di permukaan air. Pelatihan yang rencananya berlangsung selama 6 hari diikuti sebanyak 50 peserta.

Kepala Kantor SAR Lampung, Jumaril mengatakan, pelatihan potensi SAR kali ini merupakan pelatihan tahap pertama untuk tahun 2020 dan diikuti 50 peserta. “Rencananya, tahun ini kita akan menggelar empat kali pelatihan potensi SAR. Dan tiap pelatihan akan diikuti 50 peserta. ,” ujarnya usai acara pembukaan acara pelatihan potensi SAR Lampung.

Dijelaskannya, peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari berbagai instansi yang ada di Provinsi Lampung memiliki potensi SAR. Dan akan menerima berbagai materi Potensi SAR

“Untuk materi kelas akan dilaksanakan di Kantor SAR Lampung. Praktek kolamnya kita akan kerjasama dengan Yonif 143. Kemudian untuk aplikasi alamnya kita kerjasama dengan pantai Duta Wisata,” jelasnya.

Setelah pelatihan angkatan pertama, lanjut dia, pihaknya juga akan menggelar pelatihan angkatan kedua di Tanggamus dengan peserta dari instansi yang berada di sekitaran Tanggamus. Misal Pesisir Barat, Lampung Barat, dan Pringsewu.

“Untuk pelatihan berikutnya rencananya akan digelar antara di Lampung Selatan atau Tulangbawang. Ini yang masih kita diskusikan,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa mengapresiasi atas digelarnya pelatihan Potensi SAR oleh Kantor SAR Lampung.

Menurutnya, Provinsi Lampung memiliki Potensi SAR yang besar untuk terus dikembangkan. Terlebih, Provinsi Lampung memiliki banyak potensi wisata.

“Disini Basarnas hadir untuk memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan. Sehingga ketika wisatawan datang ke Lampung, mereka merasa nyaman. Karena ketika mereka mengalami musibah, akan langsung ditolong oleh Basarnas. Makanya pelatihan Potensi SAR ini sangatlah penting,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *