66 views

IWD 2020, Ini Harapan Perempuan Lampung

Bandarlampung – Hari ini, tepat tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD). Sejumlah harapan disampaikan oleh beberapa tokoh perempuan di Provinsi Lampung.

Seperti yang disampaikan oleh Nurhasanah yang juga Anggota DPRD Lampung dari Fraksi PDI Perjuangan. Mbak Nur – sapaan akrabnya – berharap di IWD 2020 ini perempuan kedepan bisa lebih maju lagi dan lebih banyak lagi yang bisa berkiprah di ranah publik.

Menurutnya, perempuan harus bisa meningkatkan kualitas tidak hanya kuantitas. “Harus mempunyai SDM yang tangguh , berani dan jujur.
Mempunyai Kopetensi yang handal dan punya integritas .
Majulah semua perempuan ibu Indonesia,” ujarnya, Minggu (8/3).

Sekretaris Jenderal Kaukus Perempuan Politik Indonesia ini juga menyampaikan, perempuan harus punya kepribadian dan tidak meninggalkan kodratnya sebagai seorang ibu dari anaknya, seorang istri dari suami dan sebagai saudara perempuan bagi adek dan kakak perempuannya.

Selain itu, perempuan juga harus tetap semangat meneruskan Perjuangan RA Kartini sebagai tokoh Perempuan Bangsa kita.

“Selamat Hari Perempuan Internasional. Dan Selamat juga buat perempuan perempuan Hebat. Merdeka!!!,” tukasnya.

Senada juga disampaikan sejawatnya di PDI Perjuangan, Apriliati yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lampung. Anggota Komisi V DPRD Lampubg ini berharap Wanita atau perempuan  kedepan lebih aktip lagi sebagai subjek pembangunan.

Menurutnya, pembangunan memerlukan sentuhan, inovasi , kreasi dan kepedulian oleh  kaum perempuan. Menurutnya lagi, Wanita  sebagai tiang negara yang juga  terkadang mempunyai  peran ganda dalam rumah tangga membuktikan bahwa perempuan itu sesungguhnya hebat.

“Ditangan perempuan- perempuan hebatlah kelak  anak-anak kita menjadi anak  yang cerdas berkualitas   sebagai generasi penerus bangsa. Selamat Hari Perempuan International,” lugasnya.

Anggota DPRD Lampung lainnya, Jauharoh Haddad juga menaruh harapan besar di peringatan IWD 2020 ini. Wakil Ketua Fraksi PKB ini berharap kesetaraan gender terus terwujud di peringatan IWD tahun ini.

Dikatakannya, sebagai hari perempuan Internasional/ Woman day’s tentunya dirayakan untuk mencapai kesetaraan Gender yang sampai saat ini belum spenuhnya tercapai.

“Ini terbukti di Parlemen saat ini di semua tingkatan belum mencapai angka maksimal yang diharapkan sesuai perintah Undang undang yaitu 33 % perempuan,” ungkapnya.

Harapan lain, lanjut dia, agar kekerasan dalam rumah tangga (RT) serta pernikahan dibawah umur tidak terjadi lagi. “Paling tidak ada ruang yang aman bagi perempuan untuk berekpresi, menampilkan diri mereka,” ucapnya.

“Perempuan bisa lebih bebas mengekpreiskan dirinya melalui semua platform, apakah itu seni, atau olahraga,” tambahnya.

Harapan di IWD juga datang dari kalangan Akademisi. Handi Mulyaningsih yang pernah berkiprah sebagai komisioner KPU Lampung kurang lebih 10 tahun juga menaruh harapan di peringatan IWD 2020.

Dosen FISIP Unila ini berharap dalam peringatan IWD 2020 para legislator perempuan semakin sensitif terhadap persoalan – persoalan perempuan dan anak.

“Semakin banyak kebijakan,  regulasi, program dan kegiatan,  serta anggaran untuk penurunan tindak kekerasan thd perempuan dan anak,” ungkapnya.

Tak mau ketinggalan, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Fatikhatul Khoiriyah juga menyampaikan harapannya di peringatan IWD 2020. “Let’s all be each for equal (Mari kita semua menjadi sama.. Saling menghargai. Saling menguatkan,” lugasnya. (Cah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *