174 views

SBMI Lamtim dan Pemdes Margototo Donasi Masker Bagi Pekerja di Hongkong

LAMPUNG TIMUR — Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lampung dan Pemerintah Desa (Pemdes) Margototo, Metro Kibang, Lampung Timur (Lamtim) akan menggelar penggalangan aksi kemanusiaan donasi masker bagi pekerja migran Indonesia di Daerah Administratif Khusus Hongkong, China.

Donasi terbuka guna meringankan beban para pekerja migran Indonesia di Hongkong terkait kewaspadaan global atas ancaman virus Corona ini digelar Senin (10/2/2020), mulai pukul 12.30 WIB, di Posko Lapangan Balai Desa Margototo, Metro Kibang.

Berkebetulan, donasi publik berupa masker maupun uang tunai itu bersamaan hari, akan dilangsungkan usai agenda Musrenbangcam (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan) Metro Kibang 2020, Margototo tuan rumah tahun ini. Dijadwal hadir, Bupati Lamtim Zaiful Bokhari, pimpinan OPD, Camat Edi Harnowo, anggota DPRD Lamtim dapil setempat, tujuh Pemdes-BPD, LSM/pokmas, dan unsur peserta se-Metro Kibang lainnya.

Demikian keterangan publik Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) SBMI Lampung 2019-2023, Sukendar, yang kebetulan terpilih dan dilantik Kepala Desa (Kades) Margototo, 31 Desember 2019 lalu, yang diterima Sabtu.

“Saat ini kawan-kawan PMI (pekerja migran Indonesia) di Hongkong dan sekitarnya membutuhkan masker untuk mengantisipasi virus Corona. Akibatnya, stok masker pun tidak mencukupi untuk semua warga dan pekerja yang ada di Hongkong,” kata dia.

Berkenaan itu, pihaknya lewat SBMI Lamtim bekerja sama dengan Pemdes Margototo mengadakan donasi masker untuk pekerja migran, serta pameran produk hasil olahan PMI Purna (istilah untuk pekerja migran yang telah kembali ke Tanah Air), bersamaan saat Musrenbangcam.

“Kami mengajak kawan-kawan untuk berdonasi baik uang maupun masker langsung bisa diberikan di posko donasi kami dan akan kita kirim langsung ke Hongkong dan Taiwan. Terima kasih,” ujar ia.

Dikonfirmasi terpisah lewat pesan elektronik, Sabtu siang, Sekretaris DPW SBMI Lampung Tymu Irawan membenarkan. “Jadi mas,” ujar dia, mengiyakan pihaknya akan melibatkan 5 DPC –Lamtim, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Metro, Pesawaran, serta 15 Dewan Pimpinan Kecamatan SBMI se-Lampung.

“Kalau untuk aksi besok (Senin lusa) ini, kita menggalang donasi untuk kawan-kawan kita yang di Hongkong kekurangan masker karena pembelian disana dibatasi juga mulai mahal,” jelas dia.

Alhasil, “SBMI Lampung Timur dan Pemdes Margototo sepakat untuk membuat posko open donasi berupa masker atau dalam bentuk materi untuk kita kirim langsung ke Hongkong. Karena kita juga komunikasi langsung dengan kawan-kawan yang ada di Hongkong, Taiwan, dan Jepang terkait virus ini,” terang Tymu.

Aksi kemanusiaan yang patut diacungi jempol ini jadi bagian kiprah perjuangan SBMI kesekian kalinya. Dalam pekan ini saja, DPW SBMI Lampung antara lain turut aktif membantu proses pemulangan jenazah Yudaryanti, PMI asal Sekampung, Lamtim, yang meninggal di Taiwan. Serta, berhasil memfasilitasi kepulangan selamat seorang PMI bernama Irah, usai dia melapor ingin kembali ke Tanah Air lewat SBMI Lampung. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *