24 views

Masyarakat – LPHD – KPHP Way Pisang Lakukan Penyelamatan Sumber Mata Air di Gunung Rajabasa

Lamsel – Sebanyak 100 personil yang terdiri dari masyarakat Desa Way Kalam dan Desa Padan, personil Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Way Pisang serta aparat TNI dan Polri juga Camat Penengahan melakukan Aksi Nyata Penyelamatan Sumber Mata Air di kawasan hutan lindung Gunung Rajabasa berupa penanaman bersama yang dipusatkan di sekitar sumber mata air pada ketinggian 600 mdpl.

Kegiatan yang diinisiasi oleh masyarakat dari pengelola hutan desa
Way Kalam dan Padan ini menanam sekitar 1000 batang bibit yang terdiri dari jenis Pulai, Medang, Kemiri, Trembesi dan Kayu Putih. Kepala Desa Way Kalam Abdul Rasyid mengatakan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan Desa Padan merupakan swadaya dari masyarakat dimana semua pihak terkait dilibatkan dalam rangka penghijauan kawasan hutan lindung di sekitar sumber mata air.

Wahyudi Kurniawan,S. Hut. selaku Kepala KPHP Way Pisang dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mendukung dan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan masyarakat secara swadaya ini. Beliau pun juga menyarankan bahwa ke depan kegiatan serupa harus terus dilanjutkan secara kontinyu.
Kegiatan ini akan dijadikan sebagai langkah awal dalam Penyelamatan Titik-Titik Sumber Mata Air Lainnya di kawasan Gunung Rajabasa. Hal ini dikarenakan keberadaan air merupakan salah satu kebutuhan utama dari kehidupan masyarakat, sehingga sangat penting bagi kita untuk bersama-sama mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk menghijaukan daerah sumber mata air tersebut.

Kegiatan penghijauan ini pun juga mendapat dukungan langsung di lapangan dari aparat TNI melalui Kodim 0421 Lamsel serta Polri melalui Polres Lampung Selatan, sehingga semakin menambah motivasi seluruh masyarakat desa sekitar. Mayor Aris yang mewakili Dandim 0421 Lamsel pun mengatakan bahwa sinergi kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan demi menjaga kelangsungan sumber mata air dan kelestarian hutan di Gunung Rajabasa.

Saat ini dari hasil pantauan dan survey lapangan tim KPH terdata bahwa terdapat sekitar 50 titik sumber mata air di Gunung Rajabasa yang tersebar di 22 areal pemanfaatan hutan desa. Hasil identifikasi dari tim lapangan KPH dan LPHD didapatkan bahwa beberapa titik sumber mata air mengalami penurunan debit mata air secara signifikan, sehingga perlu dilakukan penyelamatan dengan melakukan penanaman pohon di sekitar sumber mata air tersebut.
Diharapkan dengan adanya program ini bisa memulihkan kembali debit air untuk memenuhi kebutuhan air seluruh masyarakat.

Diketahui selain LPHD Way Kalam dan LPHD Padan, di sekitar kawasan Gunung Rajabasa terdapat 20 kelompok LPHD lainnya yang telah mendapatkan izin pengelolaan hutan desa dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain mempunyai hak mengelola hutan lindung di Gunung Rajabasa, para penggarap di kawasan Gunung Rajabasa ini juga sebagai mitra KPH terdepan yang wajib menjaga dan melindungi kelestarian hutan dan semua sumber daya alam serta ekosistem yang ada di dalamnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *